10 Politeknik Terbaik Indonesia Versi Kemenristekdikti, Mau Pilih yang Mana?

Trisna Wulandari - detikEdu
Kamis, 27 Mei 2021 14:14 WIB
SBMPN politeknik
Foto: situs SBMPN/10 Politeknik Terbaik Indonesia Versi Kemenristekdikti, Mau Pilih yang Mana?
Jakarta - Lagi pilih kampus buat lanjut kuliah di Politeknik? Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi & Profesi, Ditjen Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) punya daftar 10 politeknik negeri terbaik untuk jadi pilihan kuliah pendidikan vokasi kamu.

Politeknik merupakan salah satu bentuk perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi di sejumlah bidang pengetahuan khusus. Kurikulum di politeknik lebih banyak praktik dibandingkan dengan teorinya, sehingga lulusan politeknik disiapkan untuk terampil dan unggul sesuai perkembangan industri.

Daftar politeknik terbaik ini disusun berdasarkan Siaran Pers Kemenristekdikti Nomor: 147/SP/ HM/BKKP/VIII/2019, seperti dikutip dari akun Instagram resmi @diktivokasi.

Berikut 10 politeknik terbaik versi Kemenristekdikti:

1. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

2. Politeknik Negeri Bandung

3. Politeknik Negeri Malang

4. Politeknik Negeri Semarang

5. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh

6. Politenik Negeri Ujung Pandang

7. Politeknik Negeri Jakarta

8. Politeknik Negeri Padang

9. Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

10. Politeknik Negeri Bali

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) punya salah satu prodi unik di kampusnya, yaitu prodi Teknologi Game. Di kampus ini juga ada prodi Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Elektro Industri, Teknik Informatika, Teknik Mekatronika, Teknik Komputer, Teknologi Multimedia Broadcasting, dan Sistem Pembangkitan Energi.

Kemudian, Politeknik Negeri Bandung (Polban) punya jurusan Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Refrigerasi dan Tata Udara, Teknik Konversi Energi, dan Teknik Elektro. Ada juga Teknik Kimia, Teknik Komputer dan Informatika, Akuntansi, Administrasi Niaga, dan Bahasa Inggris.

Polban diketahui memiliki program magister terapan, yaitu S2 Rekayasa Infrastruktur (Terapan) dan S2 Keuangan dan Perbankan Syariah Terapan.

Itu sepuluh kampus pendidikan vokasi terbaik yang bisa kamu pilih. Gimana detikers, ada kampus impianmu?

Simak Video "Klarifikasi Kemdikbud soal Laptop: Harganya Bukan Rp 10 Juta per Unit!"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia