UGM Buka Program Studi Baru Teknik Infrastruktur Lingkungan, Mau Daftar?

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 26 Mei 2021 16:16 WIB
Universitas Gadjah Mada (UGM).
Foto: Universitas Gadjah Mada (UGM). (Dok Humas UGM)/UGM Buka Program Studi Baru Teknik Infrastruktur Lingkungan, Mau Daftar?
Jakarta - Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka program studi (prodi) baru Teknik Infrastruktur Lingkungan (TIL). Prodi yang dilaunching pada Mei 2021 ini berada di dalam Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik.

Dikutip dari situs Fakultas Teknik UGM, prodi TIL lahir memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Misal memenuhi akses 100% akses air minum-0% luas kawasan kumuh perkotaan - 100% akses sanitasi.

"Selain itu, kebutuhan lulusan bidang infrastruktur lingkungan masih sangat tinggi padahal prodinya terbatas. Artinya kebutuhan SDB di bidan ini akan terus meningkat," tulis UGM dalam situsnya dilihat detikcom pada Rabu (26/5/2021).

Beberapa faktor lain yang ikut mempengaruhi lahirnya prodi TIL adalah pemenuhan target Sustainable Development Goals (SDG). Program ini mengharuskan pengembangan infrastruktur air minum, sanitasi, drainase dan pengelolaan lingkungan berkelanjutan.

UGM menjelaskan, misi prodi TIL adalah menghasilkan lulusan yang berintegritas, profesional, kreatif, bermoral, mampu beradaptasi serta tanggap terhadap lingkungan. Misi lainnya adalah siap membangun infrastruktur air minum serta sarana lainnya.

Kualifikasi lulusan prodi TIL UGM adalah sarjana atau setara dengan bachelor dalam bidang Teknik Infrastruktur Lingkungan. Beberapa bidang yang menjadi kompetensinya adalah pengolahan air minum, air limbah, persampahan, drainase, maupun pengendalian pencemaran udara dan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.

Kompetensi lulusan Prodi Sarjana TIL telah dipetakan berdasarkan profil lulusan. Lulusan Prodi Sarjana TIL UGM mempunyai keleluasaan untuk memilih jalur profesinya sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Artinya, lulusan prodi TIL masih bisa menjadi apapun yang dipilihnya sesuai minat.

Buat kamu yang penasaran dengan TIL UGM, prodi ini sudah bisa dipilih dalam Ujian Tulis UGM (UTUL) 2021. Bagi yang lolos nantinya resmi menjadi mahasiswa prodi TIL UGM dan belajar mata kuliah, yang akan menjadi kompetensinya.

Simak Video "Polisi Ungkap Kronologi Insiden Nakes Dimaki di RSA UGM"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia