Keren Banget! UI Punya Sarana Olahraga Berstandar Internasional Loh

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 25 Mei 2021 09:00 WIB
UI punya sarana olahraga standar internasional
Foto: Dok. situs UI
Jakarta -

Universitas Indonesia dikenal sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia. Tentunya predikat universitas terbaik tersebut didukung dengan memiliki fasilitas yang lengkap, salah satunya dengan adanya Sarana Olahraga atau lebih dikenal dengan SOR UI.

SOR UI sendiri dibangun pada tahun 2019 dan memiliki sejumlah fasilitas olahraga. "SOR UI ini sudah direncanakan sejak tahun 2017, dibangun tahun 2019, dan pembangunannya selesai pada tahun 2020," ujar Amelita Lusia, humas UI kepada detikEdu (24/5/21).

Sebelum memiliki SOR UI, di UI sendiri telah memiliki beberapa fasilitas olahraga antara lain adalah stadion yang di dalamnya terdapat lapangan sepak bola, lompat jangkit, dan atletik.

Kedua, ada lapangan indoor/gymnasium yang terdiri dari lapangan bulu tangkis dan lapangan voli. Terakhir ada lapangan outdoor yang berisikan lapangan hockey, lapangan tenis (3 line), dan lapangan basket (4 line).

Dalam laman UI disebutkan, SOR UI didirikan untuk memfasilitasi setiap kegiatan ekstrakurikuler civitas akademika guna mendorong potensi dan jiwa sportif.

SOR UI memiliki luas bangunan sekitar 7.425 m2. Secara spesifik SOR UI terbagi atas beberapa zona. SOR UI Zona 1 memiliki 2 indoor hall yang terdiri dari 3 lapangan multisport sehingga tersedia total 6 lapangan.

Lapangan zona 1 SOR UI diperuntukkan untuk olahraga fustal, basket, dan voli. Selain itu di zona ini juga dilengkapi fasilitas penunjang seperti toilet dan kamar ganti, ruang ganti, dan ruang loker, gudang, mushola, dan tangga dan ramp bagi mahasiswa difabel.

"UI tidak hanya mendukung penuh kegiatan akademik melainkan juga kegiatan non akademik sehingga tercipta kesinambungan antara aktivitas olah pikir dan olah raga. SOR UI merupakan sport center universitas yang fungsinya untuk melayani kebutuhan berolahraga para mahasiswa dari berbagai fakultas dan warga UI lainnya," ujar Muhammad Anis selaku Rektor UI periode 2014-2019.

Selain itu menurut Anis, pembangunan SOR UI juga dimaksudkan untuk memperkuat interaksi mahasiswa antar fakultas. "Pembangunan SOR UI juga merupakan upaya pengembangan kawasan olah raga yang telah tersedia sebelumnya namun kini diperbaharui untuk memadai kebutuhan mahasiswa serta memenuhi standar internasional," terang Anis.

Dengan adanya SOR UI, diharapkan dapat meningkatkan antusiasme sivitas akademika dalam berolahraga. Selain memiliki lapangan berstandar internasional, SOR UI Indoor juga dapat tetap digunakan walaupun cuaca tidak mendukung.

Tentunya SOR UI juga diharapkan dapat menciptakan keseimbangan dan keselerasan kebutuhan rohani dan jasmani untuk mencetak sumber daya yang unggul.



Simak Video "Alasan Epidemiolog UI Minta Vaksin Nusantara Disetop"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia