Soal Mata Kuliah Startup Wajib di 2022. Kemdikbudristek: Sifatnya Opsional!

Puti Yasmin - detikEdu
Selasa, 18 Mei 2021 17:01 WIB
Ilustrasi Kerja
Foto: Unsplash/John Schnobrich/Soal Mata Kuliah Startup Wajib di 2022. Kemdikbudristek: Sifatnya Opsional!
Jakarta - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) berencana mewajibkan mata kuliah Startup Digital. Rencananya, agenda tersebut dilakukan di tahun 2022.

Namun, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Sesditjen Dikti), Paristiyanti Nurwardani menegaskan bahwa mata kuliah Startup bersifat opsional. Sehingga tidak wajib diikuti oleh setiap mahasiswa.

"Kami akan dorong hadirnya mata kuliah Startup Digital pada tahun 2022. Namun, perlu kami luruskan bahwa sifatnya opsional seperti program kewirausahaan yang selalu jadi opsi sebagai bagian dari Kampus Merdeka ," ujar Paristiyanti dikutip detikEdu dari laman resmi Ditjen Dikti.

Artinya, mata kuliah Startup boleh diambil oleh mahasiswa yang berminat saja. Sedangkan, yang tidak berminat tidak diwajibkan untuk mengikuti mata kuliah tersebut.

Adapun, mata kuliah kurikulum (MKWK) Dikti secara nasional terdiri dari empat mata kuliah, yakni Bahasa Indonesia, Kewarganegaraan, Agama, dan Pancasila. Sedangkan, mata kuliah Startup boleh ditambahkan perguruan tinggi jika ingin menyempurnakan kurikulum.

"Jika otoritas perguruan tinggi ingin menyempurnakan kurikulum yang relevan dengan era digital, dengan menambahkan mata kuliah Startup digital menjadi mata kuliah tambahan atau pilihan, maka dapat diputuskan secara otonom," bunyi informasi tersebut.

Sementara itu, mata kuliah ini merupakan bagian dari kolaborasi Ditjen Dikti dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Mata kuliah in akan tetap disiapkan untuk pelatihan startup kepada dosen yang mengampu mata kuliah tersebut.

Sebelumnya diberitakan, guna mendukung mata kuliah Startup Digital, para dosen sudah disiapkan dengan memberi pelatihan startup kepada dosen yang akan mengajar.

Rencana mata kuliah ini diharapkan dapat menjadi wadah pendampingan dan pemberdayaan dunia startup digital. Mata kuliah Startup Digital juga diharapkan dapat mendukung gerakan 1000 startup nasional di bawah Kominfo.

Simak Video "Seperti Start-Up, Deretan Drakor Ini Berkisah tentang Perjuangan Meraih Mimpi"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia