Ada Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di Telkom University, Prospeknya?

Tim detikcom - detikEdu
Rabu, 05 Mei 2021 09:00 WIB
Peresmian Open Library Telkom University
Foto: Baban Ganda Purnama
Jakarta - Telkom University merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Universitas yang berada di kota Bandung, Jawa Barat ini menempati peringkat ke-10 di Indonesia bersanding dengan sembilan Perguruan Tinggi Negeri versi World University Rankings Times Higher Education.

Dengan posisi tersebut, Telkom University juga menjadi perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia versi WUR. Rektor Telkom University, Adiwijaya mengatakan inovasi dan pengembangan akan terus dilakukan. Termasuk kolaborasi riset dalam menciptakan inovasi-inovasi untuk keberlangsungan masa depan.

Selain itu, menurut Adiwijaya kolaborasi antardunia pendidikan dan dunia industri serta pemerintah perlu terus ditingkatkan.

"Kami juga terus mendorong peneliti-peneliti di Tel-U untuk terus berkolaborasi baik antarbidang ilmu maupun antar institusi pendidikan dengan pihak industri. Karena dengan melakukan kolaborasi akan muncul ide-ide baru untuk bersama memecahkan masalah yang ada di masyarakat," katanya.

Telkom University saat ini memiliki 7 fakultas yang terdiri dari bidang Teknik, Seni, Manajemen, dan Sains Terapan. Salah satu di antaranya adalah Fakultas Informatika.

Fakultas Informatika ini berawal dari program studi S1 Teknik Informatika yang berada di bawah Sekolah Tinggi Teknologi Telkom yang berdiri pada tahun 1992. Ada 6 program studi yang berada di bawah fakultas termasuk Rekayasa Perangkat Lunak.

Seperti apa profil jurusan ini? Dikutip dari akun Instagram Seleksi Mahasiswa Baru Telkom University mahasiswa jurusan ini akan mempelajari teknologi berbasis software engineer.

Selain itu, para mahasiswa akan mendapatkan ilmu terkait data engineering, pemrograman multimedia dan game serta ubiquitous computing.

"Jurusan di Telkom University ini bakal belajar hal-hal kayak pembuatan aplikasi dan layanan digital," seperti yang dikutip dari akun Instagram SMBTelkom.

Lalu seperti apa prospek karier lulusan jurusan Rekayasa Perangkat Lunak Telkom University? Kamu bisa menjadi software engineer dengan kemampuan analisis, membuat rekayasa, menyusun spesifikasi, mengimplementasikan dan memvalidasi suatu rancangan sistem perangkat lunak.

Selain itu ada profesi lain yang disebut dengan cloud computing engineer. Sebagai cloud engineer kamu akan punya kecakapan menganalisis, mendesain, dan membangun infrastruktur cloud.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba jurusan di Telkom University ini?

(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia