Ada Kompetisi Debat Nasional buat Mahasiswa, Buruan Daftar ke Kampus!

Trisna Wulandari - detikEdu
Senin, 03 Mei 2021 13:00 WIB
ilustrasi trophy
Ada Kompetisi Debat Nasional buat Mahasiswa, Buruan Daftar ke Kampus! Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) menyelenggarakan National University Debating Championship (NUDC) dan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) 2021.

Kompetisi debat KDMI dibuka untuk mahasiswa aktif program S1/D4 di perguruan tinggi di lingkungan Kemendikbudristek yang terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti), seperti dikutip dari Pedoman Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia 2021.

Seleksi tingkat perguruan tinggi dilaksanakan sepanjang Mei 2021 dan dilanjutkan pendaftaran ke tingkat nasional mulai 1 Juni 2021 hingga akhir minggu kedua Mei 2021. Seluruh alur kompetisi debat NUDC KDMI 2021 dilaksanakan secara daring.

Lomba debat NUDC dan KDMI 2021 dimulai dengan seleksi di perguruan tinggi untuk menentukan 1 tim perwakilan terbaik. Satu tim terdiri dari 2 mahasiswa pendebat dan 1 mahasiswa atau dosen di perguruan tinggi sebagai N1 juri untuk lanjut ke seleksi wilayah dan kompetisi tingkat nasional.

Sistem debat yang digunakan yakni sistem Parlemen Inggris (British Parliament). Sistem ini digunakan dalam World University Debating Championship (WUDC) atau kompetisi debat antar perguruan tinggi tingkat dunia.

Berikut persyaratan pendaftaran lomba debat mahasiswa nasional KDMI NUDC:

A. Syarat Peserta

1. Peserta KDMI adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

2. Peserta KDMI baik tingkat wilayah ataupun tingkat nasional adalah mahasiswa aktif perguruan tinggi yang berada di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

3. Satu tim wajib terdiri atas 2 orang pendebat dan 1 orang juri institusi (N1).

4. Pendebat adalah mahasiswa aktif Program Sarjana (maksimal semester 8) atau Diploma (maksimal semester 6 untuk D3 dan semester 8 untuk D4), yang terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) pada laman http://pddikti. kemdikbud.go.id, terhitung pada saat pelaksanaan KDMI Tingkat Nasional.

5. Juri N1adalah mahasiswa aktif atau dosen dari perguruan tinggi asal Pendebat yang dibuktikan dengan Surat Tugas yang ditandatangani oleh pimpinan perguruan tinggi.

6. Pendebat wajib mengikuti Seminar Debat.

7. Juri wajib mengikuti Seminar Penjurian, dan Akreditasi Juri.

8. Anggota tim tidak boleh diganti dengan alasan apapun.

9. Jika ada peserta pada saat pelaksanaan KDMI tingkat nasional sudah lulus atau melebihi batasan semester yang telah ditentukan diatas, maka yang bersangkutan harus digantikan oleh peserta yang lain.

10. Seorang mahasiswa tidak boleh mengikuti Kompetisi KDMI dan NUDC pada tahun yang sama (mulai dari tingkat wilayah dan tingkat nasional).

B. Proses Pendaftaran

1. KDMI Wilayah
Peserta seleksi wilayah mendaftarkan diri ke Pusat Prestasi Nasional dengan mengisi data di laman https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

2. KDMI Nasional
Tim yang lolos dari seleksi wilayah bisa mendaftarkan diri ke Pusat Prestasi Nasional melalui laman https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id. Selanjutnya, Pusat Prestasi Nasional akan mengirimkan undangan mengikuti KDMI Nasional.

Selengkapnya informasi dan pendaftaran kompetisi debat nasional mahasiswa, cek di https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id ya. Ayo daftar! (pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia