10 Jurusan Kuliah Favorit di Perguruan Tinggi Swasta, Pilih yang Mana?

Trisna Wulandari - detikEdu
Sabtu, 01 Mei 2021 13:00 WIB
Penjelasan Pihak Binus Terkait Mahasiswa yang Tewas Terjun di Kampus
Foto: Adhi Indra Prasetya
Jakarta - Universitas swasta Indonesia dikenal dengan jurusan kuliah favorit yang bersaing dengan perguruan tinggi negeri.

Tahun ini, Universitas Bina Nusantara atau Binus University dan Universitas Muhammadiyah Surakarta masuk 11 universitas terbaik Indonesia menurut Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings (WUR).

Sementara menurut Webometrics 2021, Telkom University dan Binus University masuk 10 besar universitas terbaik Indonesia.

Nah penasaran kan, apa saja jurusan kuliah favorit di universitas swasta Indonesia? Berikut daftarnya!

1. Jurusan Data Science, School of Computer Science, Binus University

Program studi Data Science tepat buat kamu yang mau mendalami bagaimana big data dimanfaatkan dalam proses bisnis.

Prodi Data Science adalah bagian School of Computer Science yang terakreditasi A di Binus University. Di prodi Data Science, kamu akan belajar menangani big data dengan teknik analisis dan simulasi dengan ilmu statistika.

Kamu juga bakal mempelajari semua jenis data yang dihasilkan proses bisnis dan operasional perusahaan. Data ini lalu dianalisis dengan teknik penambangan data, untuk memahami bagaimana kinerja suatu bisnis dan mengidentifikasi peluang yang baru.

Prospek karier lulusan prodi Data Science di antaranya yaitu data analyst, data scientist, business analyst, data engineer, dan lain-lain.

2. Jurusan Teknik Telekomunikasi, Fakultas Teknik Elektro, Telkom University

Mahasiswa Prodi Teknik Telekomunikasi di Telkom University akan belajar rekayasa di bidang telekomunikasi, mulai dari rekayasa teknologi, protokol, layanan, desain, dan teknik pengiriman informasi broadband.

Kurikulum prodi berakreditasi A ini didesain untuk studi empat tahun dengan basis Outcome Based Education (OBE).

Mahasiswa Teknik Telekomunikasi Telkom juga dibekali pengetahuan soal entrepreneurship, kemandirian, dan kerjasama antardisiplin ilmu, agar bisa berkarya bersama dan berkompetisi di komunitas profesional.

3. Jurusan Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Trisakti

Mahasiswa Prodi Kedokteran Universitas Trisakti akan belajar ilmu kedokteran dalam satuan modul dari gabungan ilmu biomedik, ilmu klinik dasar, ilmu klinik, ilmu kedokteran komunitas dan ilmu-ilmu penunjangnya.

Proses pembelajaran dilakukan dengan kuliah interaktif, diskusi kelompok tutorial, pleno, praktikum, dan pelatihan keterampilan. Tidak hanya itu, kamu juga akan menelaah lewat kasus-kasus klinis untuk menetapkan masalah dan mempelajarinya.

4. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Perbanas Institute

Prodi Akuntansi Perbanas Institute cocok buat kamu yang ingin jadi akuntan. Program S1 Prodi Akuntansi Perbanas punya pilihan konsentrasi auditing, akuntansi manajemen, akuntansi keuangan, pajak, sistem akuntansi, akuntansi perbankan konvensional, dan akuntansi perbankan Keuangan, Pajak, Sistem Akuntansi, Akuntansi Perbankan Konvensional, dan akuntansi perbankan syariah.

Ada banyak prospek kerja buat lulusan akuntansi Perbanas, di antaranya akuntan publik atau auditor, auditor internal, akuntan manajemen, akuntan ahli pajak, akuntan ahli sistem informasi, akuntan bank konvensional, akuntan bank syariah, dan lain-lain.

Perbanas Institute juga bekerja sama dengan berbagai institusi perbankan dibawah naungan Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) dan organisasi profesi akuntan, termasuk akreditasi dari organisasi profesi dari dalam dan luar negeri.

Akreditasi Certified Public Accountant (CPA) Australia salah satunya, membuat lulusan S-1 Akuntansi Perbanas dibebaskan dari Foundation Level dan bisa langsung ambil Professional Level untuk mendapat gelar CPA Australia.

5. Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Industri Kreatif, Telkom University

Masuk jurusan DKV Telkom, kamu akan belajar desain komunikasi visual berdasar keilmuan seni, desain dan teknologi, ilmu manajemen, serta ilmu pendukungnya. Dengan begitu, lulusan DKV Telkom bisa berkarya dengan pengetahuannya akan teknologi Informasi, kearifan lokal budaya Nusantara, dan bisa berkembang jadi seorang creativepreneur.

Berkembangnya industri bidang kreatif dan digital membuat DKV Telkom punya konsentrasi studi Technopreneurship dan Multimedia Marketing.

Mahasiswa konsentrasi Technopreneurship bakal fokus menghasilkan suatu produk visual berbasis teknologi dan menciptakan bisnis. Sementara mahasiswa Multimedia Marketing fokus ada perencanaan dan riset pemasaran produk visual.

6. Jurusan Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University

Mahasiswa jurusan Teknik Industri Telkom University belajar keilmuan teknik indutsri di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Jurusan kuliah ini salah satu yang pertama berdiri waktu Telkom University masih menjadi Sekolah Tinggi Teknik (STT) Telkom, lho.

Masuk ke jurusan Teknik Industri Tel-U, kamu akan belajar keilmuan teknik, teknik industri, perancangan, dan matakuliah pendukung pengerjaan tugas akhir sesuai peminatan.

Nah, buat kamu yang minat masuk jurusan Teknik Industri Telkom University, ada 11 peminatan yang bisa kamu pilih. Kesebelasnya yaitu Business Analysis, Engineering Maintenance, Enterprise Support System, Entrepreneurship, Human Capital, Marketing, Product Development & Ergonomic, Project Management, Quality System Engineering, Production System and Automation, dan Supply Chain Management

7. Prodi Manajemen, Binus Business School, Binus University

Buat kamu yang minat masuk jurusan Manajemen, nah prodi manajemen Binus University adalah salah satu yang terfavorit di PTS. Mahasiswa Manajemen Binus akan belajar mengatur operasi perusahaan dan memecahkan masalah perusahaan di situasi-situasi yang menantang seperti sekarang.

Masuk ke jurusan Manajemen Binus University, kamu akan belajar mampu mengembangkan dan mengatur bisnis, menerapkan teknologi informasi di bisnis, bergerak di bisnis ekonomi digital, dan mengembangkan perusahaan dan sumber dayanya.

Mahasiswa jurusan Manajemen Binus akan belajar mampu mengoptimasi sistem informasi manajemen untuk berkarier di dalam dan luar negeri.

8. Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Katolik Parahyangan

Buat kamu yang tertarik dengan ilmu hubungan Internasional (HI), jurusan HI Unpar adalah salah satu jurusan favorit di PTS. Kamu akan belajar hubungan intenasional dan aspek ekonomi, politik, bisnis, perdagangan, sumber daya manusia, hukum, dan masih banyak lagi.

Jurusan HI Unpar terdiri dari kelompok bidang ilmu Politik dan Keamanan, Ekonomi Politik Internasional, Rezim dan Organisasi Internasional, dan Politik, Media, dan Masyarakat Transnasional. Prodi HI Unpar juga punya dua pusat studi, yaitu Parahyangan Centre for International Studies (PACIS) dan Parahyangan Centre for European Studies (PACES).


9. Jurusan Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Jurusan Psikologi Universitas Sanata Dharma (USD) adalah salah satu jurusan favorit di PTS.

Mahasiswa Psikologi di USD bakal belajar tentang manusia secara individu dari keilmuan Psikologi Perkembangan, Psikologi Sosial, Psikologi Klinis, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Trauma dan Bencana, Psikologi Abnormal, Psikologi Pendidikan, Psikologi Faal, Psikodiagnostika, Psikometri, Kepribadian, dan lain-lain.

Beberapa fokus yang bisa kamu ambil yaitu psikologi perkembangan, psikologi klinis, dan lain-lain.

10. Jurusan Ilmu Komunikasi-Komunikasi Massa, Faculty of Economics and Communication, Binus University

Masuk jurusan Ilmu Komunikasi Massa Binus, kamu akan belajar teori dan konsep ilmu komunikasi dan penyiaran dengan dua konsentrasi pilihan. Konsentrasi yang bisa kamu pilih yaitu Journalism Broadcasting dan Creative Broacasting.

Nah, kedua konsentrasi jurusan ilmu komunikasi massa Binus ini menawarkan pengetahuan dan skill yang terkait proses produksi program penyiaran, dari pre-produksi sampa post-produksi.

Di konsentrasi Journalism Broadcasting, kamu akan belajar membuat program terkait berita, sementara Creative Broadcasting akan lebih fokus ke pembuatan program kreatif seperti drama, game show, musik, dan lain-lain.

Nah, sudah tahu banyak jurusan kuliah favorit di universitas swasta pilihan, kan? Jurusan mana yang sesuai minat kamu?



Simak Video "Lebih Penting Passion atau Bakat?"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia