Keren! 3 Fakultas Unair Masuk Tiga Besar Perguruan Tinggi Terbaik Versi SIR

Trisna Wulandari - detikEdu
Jumat, 30 Apr 2021 11:30 WIB
Universitas Airlangga (Unair)
Foto: Esti Widiyana/Keren! 3 Fakultas Unair Masuk Tiga Besar Perguruan Tinggi Terbaik Versi SIR
Jakarta - Tiga fakultas di Universitas Airlangga (Unair) meraih posisi tiga besar di Indonesia pada daftar perguruan tinggi terbaik berdasar subjek keilmuan. Daftar universitas terbaik ini dirilis lembaga pemeringkatan Scimago Institutions Ranking (SIR).

Ketiga fakultas tersebut yaitu Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Fakultas Kedokteran Hewan (FKH), dan Fakultas Psikologi (FPSi) Unair.

Sementara Fakultas Ekonomi dan Bisnis masuk dalam peringkat 6 besar Indonesia seperti dikutip dari laman resmi SIR.

Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Digitalisasi dan Informasi Unair, Muhammad Miftahussurur menuturkan, pihaknya bersyukur tiga fakultas di Unair termasuk tiga besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia kendati pemeringkatan Scimago terhitung baru. Tahun ini merupakan kali pertama Scimago Institutions Rankings (SIR) melakukan pemeringkatan.

Pada pemeringkatan QS World University Rankings yang dianjurkan pemerintah, Unair masuk empat kampus terbaik di Indonesia. Empat kampus terbaik itu adalah Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan Unair.

"Alhamdulillah tiga fakultas di Unair memperoleh pemeringkatan yang cukup baik di Scimago. Tentunya hal ini bisa menjadi bekal bagi tiga fakultas tersebut dan juga memberi semangat pada fakultas-fakultas lain untuk memperoleh posisi yang lebih baik," katanya, dalam rilis yang ditulis Jumat (30/4/2021).

Miftahussurur menuturkan, Unair saat ini memprioritaskan pemeringkatan yang dianjurkan pemerintah yaitu Quacquarelli Symonds (QS) dan Times Higher Education (THE) World University Rankings.

Ia menambahkan, di sisi lain, Unair tetap mengupayakan yang terbaik pada seluruh pemeringkatan dan berkomitmen meningkatkan kualitas dan daya saing di tingkat nasional maupun global.

"Kita akan tetap melakukan berbagai upaya agar dalam setiap pemeringkatan Unair menjadi yang terbaik," kata Miftahussurur.

Sementara itu, Dekan FKG Unair Agung Sosiawan mengatakan, pemeringkatan ini membuat pihaknya mawas diri. Fakultasnya akan terus berupaya memperbaiki diri.

"Kami bangga sekaligus juga mawas diri. Sebagai Fakultas Kedokteran Gigi tertua di Indonesia, FKG Unair memiliki kewajiban untuk tetap menjaga marwah sebagai perguruan tinggi tertua di Indonesia. Kita perlu melakukan evaluasi terkait apa saja yang tentunya menjadi kekurangan kita," terangnya.

Sedangkan Dekan Fakultas Psikologi Unair Suryanto mengatakan, pihaknya juga menekankan bahwa hasil pemeringkatan universitas terbaik ini adalah bonus dari kerja keras yang telah dilakukan fakultas dalam memajukan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

"Capaian ini bukan tujuan kita, namun hadiah atas kerja keras yang telah kita lakukan selama ini," kata Suryanto.



Simak Video "10 Universitas Terbaik Indonesia 2020 Versi Webometrics"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia