ITB Tambah 3 Prodi Baru di Tahun 2021 untuk Kampus Jatinangor

Puti Yasmin - detikEdu
Rabu, 28 Apr 2021 10:12 WIB
Infografis 10 Fakultas di ITB dengan daya tampung terbanyak
Foto: Fuad Hasyim/detikcom/ITB Tambah 3 Prodi Baru di Tahun 2021 untuk Kampus Jatinangor
Jakarta - Institut Teknologi Bandung (ITB) menambah 3 prodi baru di tahun 2021. Prodi tersebut ditambah untuk kampus di Jatinangor, Jawa Barat. Apa saja daftar prodinya?

Hal ini juga dibenarkan oleh Kepala Biro Humas dan Komunikasi ITB Naomi Sianturi Haswanto. "Iya betul (penambahan prodi baru)," ungkap dia kepada detikEdu, Rabu (28/4/2021).

Adapun, tiga prodi yang ditambah untuk kampus Jatinangor adalah (1) Program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) - FSRD, (2) Program studi Sistem dan Teknologi Informasi (STI) - STEI, dan (3) Program studi Teknik Informatika (IF) - STEI.

"Ketiga kelas tambahan ini akan dilaksanakan di ITB kampus Jatinangor," bunyi informasi yang tertulis di laman resmi ITB.

Lebih lanjut, ITB juga akan membuat program tambahan untuk menguatkan kolaborasi antarprodi, yakni program studi Kewirausahaan. Harapannya, program ini bisa membuat setiap mahasiswa dari prodi ini mengenal dasar sebuah industri.

Kemudian, mahasiswa tersebut juga diharapkan telah mengenal dunia usaha serta industri saat lulus kelak. Sehingga tak hanya bekerja, mereka bisa mendirikan sendiri usahanya dan membantu industri, khususnya di daerah Jatinangor.

"Tujuan jangka Panjang dari program ini adalah mampu menghasilkan lulusan yang telah mengenal dengan baik dunia usaha dan industri, yang terkait dengan program studi. Mampu menumbuhkan minat dan inisiasi start up baru dari kalangan mahasiswa dan alumni, mampu menumbuhkan iklim usaha yang baik bagi dunia usaha dan industri di ITB kampus Jatinangor," tulis informasi tersebut.

Selain penambahan program khusus kewirausahaan, tiga prodi baru di Jatinangor ini memiliki keunikan tersendiri dalam materi belajarnya. Misalnya, untuk kelas DKV - FSRD memberikan penguatan dalam bidang narasi visual.

Materi narasi virtual diketahui merupakan salah satu dasar penting dalam industri animasi, games, film dan fotografi. Selanjutnya, untuk prodi STI akan mendapat penguatan di bidang sistem perangkat lunak untuk industri berbasis digital economy.

Nah, detikers tertarik bergabung ke tiga prodi baru ITB di kampus Jatinangor?

Simak Video "Di Sidang Terbuka ITB, Jokowi Umumkan Indonesia Naik Kelas"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia