UGM Masuk 50 Besar Universitas Terbaik Dunia Versi THE Impact Rankings

Trisna Wulandari - detikEdu
Senin, 26 Apr 2021 11:04 WIB
Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM)
Foto: Bagus Kurniawan/detikcom
Jakarta - Universitas Gadjah Mada (UGM) masuk dalam 50 besar universitas terbaik dunia berdasarkan data Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2021 untuk 7 SDGs. Adapun, 7 SDGs adalah tujuh kriteria dalam mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Penilaian dilihat dari sejauh apa penerapan tridarma perguruan tinggi yang terdiri dari penelitian dan pengembangan, pengabdian pada masyarakat, dan pendidikan serta pengajaran di sebuah perguruan tinggi memiliki relevansi dengan 17 kriteria tersebut. Dalam penilaian universitas terbaik dunia, THE Impact Rankings 2021 melibatkan 1.115 universitas di dunia.

Adapun, indikator penilaian yang menempatkan UGM di 50 besar universitas terbaik dunia adalah tanpa kelaparan, kemitraan untuk mencapai tujuan, kemiskinan, dan ekosistem daratan. Selain itu, penilaian juga dilihat dari air bersih dan sanitasi layak, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, serta berkurangnya kesenjangan

"UGM menempati posisi 16 dunia untuk indikator Tanpa Kelaparan, posisi 24 dunia untuk indikator Kemitraan untuk Mencapai Tujuan, posisi 25 dunia untuk indikator Tanpa Kemiskinan, dan posisi 26 dunia untuk indikator Ekosistem Daratan," bunyi keterangan tertulis di laman resmi UGM.

Kemudian, untuk indikator indikator Air Bersih dan Sanitasi Layak UGM berhasil menempati urutan 34 dunia. Selanjutnya, indikator Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, UGM berada di urutan 41 dunia, serta untuk indikator Berkurangnya Kesenjangan UGM berada di urutan 49 dunia.

Sementara itu, UGM juga menempati peringkat ke 44 universitas terbaik dunia dari 1154 institusi di 96 negara dan negara bagian berdasar indikator tujuan 17- kemitraan untuk mencapai tujuan (Partnership for the Goals). Indikator ini menilai lebih luas seperti apa universitas mendukung SDGs lewat kolaborasi antarnegara, mendorong praktik terbaik, dan publikasi data.

Simak Video "Mahasiswa UGM Bikin Video Hip Hop, Kritik Pengelolaan Sampah Yogya"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia