Keren! ITS Jadi Universitas Terbaik di RI Bidang Ilmu Komputer Versi SIR

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 23 Apr 2021 18:57 WIB
Kampus ITS Surabaya
Foto: Dok. ITS
Jakarta - Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) kembali menorehkan prestasi. Kali ini, ITS meraih peringkat pertama sebagai universitas terbaik di Indonesia pada bidang Computer Science atau ilmu komputer versi Scimago Institution Rangkings (SIR) tahun 2021.

Penilaian itu dilakukan berdasarkan tiga indikator, yakni kinerja penelitian, inovasi terbarukan, dan dampak sosial yang diukur dari visibilitas web. Menurut Dekan Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC) ITS I Ketut Eddy Purnama untuk mendapatkan peringkat terbaik, ada banyak proses yang harus dilewati.

Ketut mengakui, hal itu tentu bukan hal yang mudah. Namun, pihaknya selalu berusaha dan menerapkan kebijakan guna mendukung publikasi, penelitian, dan produk yang lebih inovatif.

"Hal ini juga didukung dari mekanisme yang baik di FTEIC guna menghasilkan publikasi, penelitian, dan produk inovatif," paparnya dalam siaran pers yang diterima detikEdu, Jumat (23/4/2021).

Pria yang juga dosen di Departemen Komputer tersebut mengatakan, FTEIC saat ini juga memiliki fasilitas yang lengkap, seperti lab-based education, roadmap penelitian, dan kerja sama dalam lingkup nasional maupun internasional. Bahkan, hasil publikasi hingga penelitian FTEIC saat ini bisa ditemukan dengan mudah di website ITS.

"Luaran yang dihasilkan juga tergolong inovatif dan ada banyak publikasi di website ITS yang bisa ditelusuri dengan mudah," sambung Ketut.

Lebih lanjut, Ketut juga menjelaskan agar tetap menjadi universitas terbaik, ITS harus menjaga mekanisme dan kebijakan yang sudah ada. Sehingga luaran yang diharapkan berupa publikasi, penelitian, dan produk inovatif dapat tetap produktif dihasilkan oleh dosen dan mahasiswa FTEIC.

Ketut menegaskan bahwa perolehan prestasi universitas terbaik ini bukan lah tujuan sebenarnya. Dirinya beranggapan bahwa hal tersebut merupakan bentuk pengakuan dari pihak eksternal untuk ITS yang dilihat dari berbagai capaian yang sudah dihasilkan oleh ITS.

Untuk itu, Ketut berharap agar para civitas akademika di ITS, terutama untuk dosen dan mahasiswa agar tidak mudah puas dengan prestasi yang sudah dihasilkan ini. Sehingga mereka bisa membuat lebih banyak karya dan berkembang.

"Yang paling penting adalah semua orang tetap fokus melakukan yang terbaik untuk berkarya dan lebih berkembang," ungkap dia.

Tak lupa, ia mengungkapkan perolehan prestasi universitas terbaik terjadi berkat adanya Kerjasama antar dosen, mahasiswa, dan para pimpinan ITS. Sebab, mereka telah memberikan lingkungan yang mendukung untuk para civitas akademi agar tetap produktif berkarya.

"Kami harap prestasi universitas terbaik ini dapat menjadi pemicu seluruh dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan capaiannya baik dari segi kualitas maupun kuantitas," tutup Ketut.

Simak Video "Aksi Keren Musisi Cilik, Kolaborasi Secara Daring"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia