ITS Terbaik di Indonesia Versi Impact Rankings-Times Higher Education

Puti Yasmin - detikEdu
Kamis, 22 Apr 2021 14:30 WIB
ITS surabaya
Foto: M Rofiq/ITS Terbaik di Indonesia Versi Impact Rankings-Times Higher Education
Jakarta - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali menorehkan prestasi. Kali ini, perguruan tinggi negeri ini berhasil menduduki peringkat 1 di Indonesia pada Impact Rankings 2021 sebagai universitas yang mendukung pembangunan berkelanjutan atau SDGs.

Tercatat ada 1.115 insititusi yang masuk dalam penilaian Times Higher Education (THE) pada Impact Rankings 2021. Selain menduduki peringkat pertama di Indonesia, ITS juga berhasil melesat naik jadi urutan ke-64 terbaik di dunia.

"Peningkatan ini sangat signifikan dari peringkat 401-600 yang didapatkan ITS pada tahun lalu," seperti yang dikutip detikEdu dari keterangan tertulis ITS pada wartawan Rabu (21/4/2021).

Pencapaian skor total ITS naik drastis hingga mencapai 88,6 dari skor maksimal 100, dibandingkan tahun lalu. Dari hasil pemeringkatan, empat skor SDG terbaik yang diraih ITS adalah SDG 1 (No Poverty), SDG 7 (Affordable and Clean Energy), SDG 8 (Decent Work and Economic Growth), dan SDG yang wajib diisi yaitu SDG 17 (Partnerships for the Goals).

Manajer Senior Urusan World Class University ITS Rulli Pratiwi Setiawan mengatakan hasil peringkat dari THE Impact Rankings dilakukan berdasarkan empat aspek, yakni Research (Penelitian), Teaching (Pengajaran), Stewardship (Pengelolaan), dan Outreach (Pengabdian).

Lebih lanjut, Rulli mengaku bangga terhadap pencapain ITS yang berada posisi pertama di Indonesia. Sebab, penilaian tidak dilakukan dari sisi riset, tetapi juga dari kegiatan nyata dalam implementasi target pembangunan berkelanjutan.

Pihaknya pun optimis untuk mempertahankan dan meningkatkan implementasi pembangunan berkelanjutan, demi peringkat yang lebih baik lagi.

"Hasil dari pemeringkatan tahun ini akan menjadi acuan ke depan, untuk menentukan target SDGs yang perlu dipertahankan," sambung dia.

Untuk itu, Rulli mengajak semua dosen serta mahasiswa di TS dalam membuat riset dan mengabdi ke masyarakat untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

"Kerja sama semua pihak di ITS harus dilakukan untuk mempertahankan peringkat 1 ITS di Indonesia," ujar Rulli.

Simak Video "Aksi Keren Musisi Cilik, Kolaborasi Secara Daring"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia