Teknik Lepas Pantai Prodi Baru di ITS, Ini Kuota dan Prospek Kerjanya

Puti Yasmin - detikEdu
Rabu, 21 Apr 2021 13:30 WIB
Belasan peserta dengan kebutuhan khusus  mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Surabaya. Di antaranya di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Airlangga (Unair).
Foto: Esti Widiyana/Teknik Lepas Pantai Prodi Baru di ITS, Ini Kuota dan Prospek Kerjanya
Jakarta - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memiliki prodi baru, yakni Teknik Lepas Pantai. Prodi ini baru dibuka pada tahun ini. Nah, berapa kuota dan prospek kerjanya?

Dikutip dari laman resmi ITS, prodi Teknik Lepas Pantai menjadi yang terbaik di bidang rekayasa teknis rekayasa pantai, seperti bangunan lepas pantai terpancang, terapung, laut dalam, rekayasa dasar laut dan teknologi pipa bawah laut, serta rekayasa autonomous & remote system industri lepas pantai.

Sarjana Teknik Lepas Pantai diperlukan karena beberapa hal. Pertama karena tantangan pengembangan perairan marjinal dan laut lama, kedua umur struktur yang ada sekarang - ASR, decommissioning, dan ketiga karena perkembangan teknologi survei bawah laut dan subsea engineering menjadi perhatian utama.

Selain itu, lulusan ini dibutuhkan karena adanya perkembangan teknologi offshore aquaculture yang berpotensi semakin berkembang di masa depan. Terakhir, masih sedikitnya SDM di bidang lepas pantai.


Teknik Lepas Pantai ITS:

  • Kuota Daya Tampung

Prodi baru di bawah Fakultas Teknologi Kelautan ini membuka kuota di tahun 2021 sebanyak 40 orang. Kemudian, untuk tahun 2022 dibuka kepada 60 orang

  • Cara Daftar Teknik Lepas Pantai

Untuk mendaftar di prodi Teknik Lepas Pantai, calon pelamar harus memenuhi syarat, yakni lulusan SMA/MA/SMK sejenis jurusan eksakta tahun 2019, 2020, dan 2021.

Pertama lakukan pendaftaran Seleksi Kemitraan, Mandiri, dan Prestasi (SKMP) secara online. Pelaksanaan ini dilakukan mulai tanggal 8 Mei - 16 Juni 2021

Kemudian, pengumuman hasil seleksi akan dilakukan pada 24 Juni 2021. Terakhir, adalah jadwal pendaftaran ulang di tanggal 5-7 Juli 2021.

  • Prospek Kerja Teknik Lepas Pantai

-Bekerja di industri minyak dan gas
-International Classification Societies
-Offshore and Shipbuilding Fabrication Industries
-Insurance Industries
-Project Management Practitioners
-Offshore and Deepsea Frontiers Practitioners / Consultant
-Dosen dan Peneliti di berbagai lembaga pemerintah dan swasta terkenal

Selamat mencoba daftar prodi Teknik Lepas Pantai!

Simak Video "Aksi Keren Musisi Cilik, Kolaborasi Secara Daring"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia