Presiden Jokowi Teken PP Standar Nasional Pendidikan

Tim detikcom - detikEdu
Kamis, 15 Apr 2021 08:30 WIB
Sekolah Tatap Muka
Presiden Jokowi telah meneken PP Standar Pendidikan Nasional (Foto: Pradita Utama/DetikNews)
Jakarta - Presiden Joko Widodo telah mengesahkan Peraturan Pemerintah (PP) terkait Standar Nasional Pendidikan. Penerbitan PP Nomor 57 Tahun 2021 itu disebut karena pendidikan di Indonesia memerlukan standar nasional untuk kepentingan peningkatan mutu pendidikan.

Standar nasional pendidikan digunakan pada pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat pada jalur pendidikan formal, nonformal, dan informal.

Dalam pasal 3, PP yang diteken 30 Maret 2021 itu, standar nasional pendidikan mencakup standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar penilaian Pendidikan, standar tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan.

"Standar Nasional Pendidikan digunakan sebagai acuan pengembangan kurikulum dan penyelenggaraan Pendidikan untuk mewujudkan tujuan Pendidikan nasional," seperti yang dikutip dari salinan PP tersebut.

PP Standar Nasional Pendidikan juga mengatur soal kriteria minimal kualifikasi pendidik. Meliputi sarjana untuk pendidik pada pendidikan anak usia dini jalur formal, dan pendidik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal.

Kemudian minimal magister atau magister terapan untuk pendidik pada jenjang pendidikan tinggi program diploma dan sarjana. Lalu doktor atau doktor terapan untuk pendidik pada jenjang pendidikan tinggi program magister dan doktor.

"Magister atau magister terapan berpengalaman kerja minimal dua tahun yang relevan dengan program studi untuk pendidik pada pendidikan profesi."

Dalam peraturan tersebut juga diatur terkait standar kurikulum. Pada pasal 35 dijelaskan pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengacu pada standar nasional pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Standar nasional pendidikan yang jadi acuan dalam pengembangan kurikulum itu yaitu standar kompetensi lulusan, isi, proses dan penilaian pendidikan.

PP Standar Pendidikan Nasional juga menyebutkan kurikulum pendidikan dasar dan menengah diwajibkan memuat pendidikan agama, pendidikan kewarganegaraan, bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, sosial, seni dan budaya, pendidikan jasmani dan olahraga, keterampilan, kejujuran, serta muatan lokal.

"Kurikulum pendidikan tinggi wajib memuat pendidikan agama, pendidikan kewarganegaraan, dan bahasa." (pal/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia