Lulusan ITB Nggak Bekerja Usai Selesai Sekolah, Apa Alasannya?

Puti Yasmin - detikEdu
Jumat, 09 Apr 2021 17:33 WIB
Infografis 10 Fakultas di ITB dengan daya tampung terbanyak
Foto: Fuad Hasyim/detikcom/Lulusan ITB Nggak Bekerja Usai Selesai Sekolah, Apa Alasannya?
Jakarta - Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi salah satu perguruan tinggi favorit. Namun, masih ada mahasiswa yang nggak bekerja usai menempuh pendidikan di ITB. Apa alasanya?

Dalam data survei Tracker Study ITB 2020, penelitian dilakukan kepada 3006 responden alumni angkatan 2013. Hasilnya, diketahui sebanyak 291 orang atau 7% alumni yang saat survei dilakukan dalam kondisi tidak bekerja.

Tercatat, alasan para lulusan tidak bekerja ada bermacam-macam, yakni mulai dari sedang menunggu panggilan kerja, mengundurkan diri dari pekerjaan sebelumnya, menikah, hingga sedang meningkatkan keahlian.

Namun, dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa alasan lulusan ITB detik.com/tag/itb tidak bekerja bukan karena malas. Tetapi, karena ada kepentingan lain yang harus dilakukan di luar dunia kerja.

"Dari berbagai alasan tersebut dapat disimpulkan bahwa alasan alumni tidak bekerja saat ini bukan karena malas untuk bekerja, melainkan ada kepentingan lain yang harus mereka selesaikan di luar dunia usaha dan industri atau sedang dalam masa peralihan pekerjaan," bunyi keterangan tersebut dikutip detikEdu, Jumat (9/4/2021).

Alasan yang paling banyak adalah sedang menunggu panggilan kerja, yakni pada 77 orang atau 36% dari jumlah. Selanjutnya, alasan nggak bekerja adalah mengundurkan diri dari pekerjaan sebelumnya sebanyak 38 orang atau 17,8%.

Kemudian, habis masa kontrak pekerjaan sebelumnya terjadi pada 34 orang atau 15,9%, menikah pada 27 orang atau 12,6%, alasan keluarga pada 18 orang atau 8,4%, alasan kesehatan 9 orang atau 4,2%.

Terakhir, alasan lulusan ITB tidak bekerja lainnya adalah ingin lanjut S2 dipilih oleh 6 orang atau 2,8%, ingin berwirausaha 3 orang atau 1,4%, serta merasa kemampuan diri masih kurang, dan sedang meningkatkan keahlian berturut-turut 1 orang atau 0,5%,



Simak Video "Saat yang Tepat Raih Masa Depan di Gunadarma"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia