Ini Sikat Gigi Siwak Tanpa Odol Inovasi Peneliti Unair

Tim detikcom - detikEdu
Rabu, 07 Apr 2021 09:00 WIB
Sikat gigi siwak inovasi peneliti Unair
Sikat gigi siwak inovasi peneliti Unair Foto: dok. Pri
Jakarta - Produk sikat gigi siwak inovasi peneliti dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga, Taufan Bramantoro siap memasuki tahap pra-produksi. Sikat gigi ini disebut hasil dari riset ilmiah dan implementasi syariat Islam dalam pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut.

Taufan mengatakan sSiwak yang telah lama dikenal sebagai sikat gigi alami ternyata memiliki kombinasi kandungan unik yang 80 persen mirip dengan gigi. Kandungan tersebut mendorong Dr. Taufan menciptakan produk sikat gigi yang dinamakan Ihsan. Ihsan menggunakan siwak asli pada helai-helai bulu sikatnya.

"Produk sikat gigi biasa berpeluang melepaskan mikroplastik pada tubuh, karena terbuat dari plastic nylon. Tapi pada produk sikat gigi Ihsan, kami menggunakan bahan siwak asli, Polylactic acid yang mudah terurai tanah, serta plastic organic PLA yang aman bagi gigi dan mulut," ujar Taufan dalam keterangan tertulis pada wartawan, Selasa (6/4/2021).

Selain itu, menurut Taufan, produk sikat gigi siwak ciptaannya itu juga mengandung zat aktif yang memiliki efek anti-inflamasi, anti-konvulsan, sedative, anti-ulser, hipolipidemik, dan hipoglikemik.

Taufan telah melakukan pembaruan desain sikat gigi siwak inovasinya agar lebih futuristik dengan model ergonomis dan menggabungkan fitur bahan aktif, sehingga tidakmemerlukan pasta gigi dan sikat gigi yang terpisah.

Progres terbaru framework hilirisasi penelitian ini pun telah melewati uji persepsi pasar dan uji coba visual dengan hasil yang menggembirakan. Produk ini pun telah memiliki HAKI Desain Industri sejak 2016 dan telah diperbarui pada 2020.

"Produk Ihsan ini sekarang sedang di-handle tim manajemen Jakarta dan tengah berkoordinasi dengan pabrik di China dan Indonesia. Saya dan tim berharap produk ini bisa segera dipasarkan dan menambah khazanah produk kesehatan gigi dan mulut di Indonesia," kata Taufan. (pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia