Segar! IPB Punya Taman Hutan Kampus di Dramaga

Rahma Harbani - detikEdu
Senin, 05 Apr 2021 16:45 WIB
Taman hutan kampus
Foto: Dok. IPB
Jakarta - Institut Pertanian Bogor (IPB) memiliki Taman Hutan Kampus IPB. Taman itu dibangun di area blok Cikabayan, Kampus IPB Dramaga, Bogor.

Pembangunan taman hutan kampus tersebut diinisiasi oleh Dr. Nyoto Santoso, Ketua Departemen Konservasi Sumber Daya Hutan dan Ekowisata Fakultas Kehutanan (KSHE Fahutan) IPB University.

Program itu berawal dari saat Fahutan menerima mandat dari rektor untuk mengelola aboretum Taman Hutan Kampus tahun 1995, bersama dengan Himpunan Alumni, tahun 2018.

Fahutan mulai mencanangkan pengelolaan pengembangan Taman Hutan Kampus dalam rangka Hari Pulang Kampus (HAPKA) dan kemudian disahkan rektor sejak September 2018.

Sejak saat itu pula, pihak Fahutan IPB sudah memulai tahap demi tahap dengan melibatkan banyak pihak.

"Seperti mahasiswa, pendidik, maupun pihak private dengan dana Corporate Social Responsibility (CSR). Kami juga sudah melakukan perbaikan penanaman termasuk juga perbaikan konservasi satwanya," kata Dr. Nyoto Santoso, dalam rilis dari IPB yang diterima detikEdu, Senin (5/4/2021).

Pembangunan Taman Hutan Kampus yang memakan luas sekitar 20 hektare ini, rencananya dapat selesai dalam kurun waktu lima sampai sepuluh tahun. Beberapa blok yang akan dibangun mulai dari gate pintu masuk, tempat permainan, konservasi flora dan fauna, serta galeri konservasi.

"Ke depan, Taman Hutan Kampus tidak hanya memiliki koleksi flora fauna keanekaragaman hayati, tapi juga sebagai sarana pendidikan dan ecotourism, juga sebagai biodiversity konservasi." tuturnya.

Pembangunan Taman Hutan Kampus IPB diharapkan tidak hanya dimanfaatkan oleh mahasiswa atau peneliti, tetapi bisa digunakan oleh masyarakat luas sebagai sarana belajar secara langsung tentang konservasi dan bagaimana pengelolaan jasa lingkungan bisa berkembang dan bermanfaat.




Simak Video "KuTips: Cara Baca Al-Qur'an dengan Tanda Waqaf"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia