KIP Kuliah 2021: Kapan Cair, Jalur Mandiri, Kemenag

Rosmha Widiyani - detikEdu
Rabu, 24 Mar 2021 07:30 WIB
Para siswa ditemani orang tua mencairkan dana program Kartu Indonesia Pintar (KIP). Bantuan langsung ini dicairkan lewat Bank BRI Unit Baa, Pulau Rote, NTT.
Foto: Ari Saputra/KIP Kuliah 2021: Kapan Cair, Jalur Mandiri, Kemenag.
Jakarta - KIP Kuliah 2021 adalah bantuan pemerintah untuk calon mahasiswa yang mengalami kendala biaya. Pendaftaran KIP Kuliah 2021 untuk peserta UTBK SBMPTN 2021 dibuka pada 14-31 Maret 2021.

Jangka waktu pendaftaran KIP Kuliah hampir bersamaan dengan UTBK SBMPTN pada 15 Maret-1 April 2021. Info lebih lanjut soal KIP Kuliah bisa klik di website Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

"Siswa pendaftar UTBK-SBMPTN diharapkan untuk segera melengkapi berkas dan memilih seleksi UTBK-SBMPTN di Menu Seleksi SIM KIP-Kuliah. Siswa tidak perlu menginput nomor KIP Kuliah di halaman pendaftaran UTBK SBMPTN 2021," tulis Puslapdik.

Berikut beberapa info terkait KIP Kuliah 2021:

A. KIP Kuliah 2021 kapan cair?

Dikutip dari Peraturan Sekretaris Jenderal Kemendikbud nomor 2 tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Program Indonesia Pintar Pendidikan Tinggi, pencairan bergantung dari jenis komponen biaya KIP Kuliah. Berikut penjelasan detailnya

1. Bantuan biaya pendidikan

Komponen ini diberikan langsung ke rekening perguruan tinggi tiap semester. Biaya ini untuk membayar operasional pendidikan yang terkait langsung dengan proses belajar penerima KIP Kuliah 2021.

2. Bantuan biaya hidup

Untuk komponen ini, Puslapdik melalui bank anggota Himbara akan menyalurkan langsung pada rekening peserta KIP Kuliah 2021. Komponen digunakan untuk membantu biaya hidup selama kuliah.

3. Bantuan biaya pengelolaan

Komponen ini ditransfer langsung ke rekening perguruan tinggi dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah (LLDikti) untuk membantu biaya:

  • Kedatangan bagi siswa dari luar provinsi
  • Biaya hidup sementara
  • Pelaksanaan program KIP Kuliah di PTN dan LLDikti.

B. KIP Kuliah 2021 jalur mandiri

Sesuai Pedoman Pendaftaran KIP Kuliah 2021, program ditujukan bagi mahasiswa PTN atau PTS pada prodi yang telah terakreditasi. Calon penerima KIP Kuliah 2021 harus lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru di semua jalur masuk.

"KIP Kuliah berlaku untuk jalur seleksi masuk perguruan tinggi SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, SBMPN, Seleksi mandiri PTN dan seleksi mandiri PTS," tulis Puslapdik.

Dilihat di situs Puslapdik Kemendikbud, hingga Rabu (24/3/2021) belum ada keterangan pembukaan pendaftaran KIP Kuliah jalur mandiri untuk PTN atau PTS. Pendaftaran baru dibuka untuk siswa yang mengikuti SNMPN, SNMPTN, atau UTBK SBMPTN 2021.

Siswa bisa mulai melakukan pendaftaran akun siswa KIP Kuliah yang dibuka pada 8 Februari-31 Oktober 2021. Siswa yang dianggap memenuhi syarat akan menerima bantuan KIP Kuliah 2021, misal memiliki prestasi akademi baik dan terdaftar di DTKS.

C. KIP Kuliah 2021 Kemenag

KIP Kuliah 2021, seperti tahun sebelumnya, dapat membantu biaya pendidikan mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri dan Swasta (PTKN/PTKS). Info lebih lanjut bisa klik di https://kip-kuliah.kemenag.go.id.

"Untuk siswa yang akan mendaftar di PTKN atau PTKS silahkan melakukan penfataran KIP Kuliah di Kementerian Agama (Kemenag). Apabila mendaftar KIP Kuliah Kemendikbud dan memilih UTBK SBMPTN, tidak ada pilihan UIN di LTMPT," tulis Puslapdik.

Namun hingga Rabu (24/3/2021) belum ada info lebih lanjut tentang KIP Kuliah di situs milik Kemenag. Info KIP Kuliah 2021 Kemenag baru tersedia bagi mahasiswa on going 2020 tahun anggaran 2021. Penyaluran KIP Kuliah 2021 untuk mahasiswa on going 2020 dilakuka dua kali setahun, pada April-Mei 2021.

Simak Video "Wamenag Dorong ASN Jadi Teladan dalam Moderasi Beragama"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia