4 Kampus di Indonesia yang Memiliki Jurusan Tata Boga dengan Akreditasi A

Tim detikcom - detikEdu
Sabtu, 20 Mar 2021 07:40 WIB
A portrait of an Asian college student on campus
4 Kampus di Indonesia yang Memiliki Jurusan Tata Boga dengan Akreditasi A ( Foto: iStock)
Jakarta - Bagi detikers yang hobi kulineran dan juga mengolah makanan, maka masuk ke jurusan tata boga adalah pilihan yang tepat. detikers bisa memperdalam kemampuan tersebut bersama orang yang benar-benar ahli di bidangnya. Di Indonesia sendiri ada beberapa universitas tata boga terbaik yang bisa menjadi tujuan detikers.

Nantinya, saat detikers berkuliah di jurusan tata boga tidak hanya diajarkan cara mengolah makanan saja. Tetapi juga bagaimana cara mempertahankan kualitas gizinya, rasa, dan estetika dari makanan. Selain itu juga dari segi kebersihan dan teknik-teknik memasak serta memotong bahan makanan pun juga akan detikers pelajari. Jurusan ini pastinya tidak hanya diperuntukkan bagi perempuan saja. Banyak juga laki-laki yang menjadi koki profesional. Jadi, jurusan ini terbuka lebar untuk siapa saja.

Lalu, kampus mana yang menyediakan jurusan tata boga yang bisa detikers pilih?

Daftar Kampus Jurusan Tata Boga Di Indonesia

Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Universitas Negeri Jakarta memiliki jurusan Tata Boga yang sudah terakreditasi A. Diketahui bahwa kampus ini menyediakan Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga dan Program Studi D-III Tata Boga. Tentunya setiap program tersebut memiliki capaian yang berbeda. Untuk Program S1 dipersiapkan untuk menjadi tenaga pendidikan di bidang Tata Boga.

Mata kuliah yang nantinya akan detikers pelajari di antaranya berupa etika, dasar-dasar manajemen, ilmu gizi, dasar boga, kewirausahaan, kimia makanan, dekorasi makanan, dan masih banyak lagi. Sedangkan jika sudah lulus, detikers yang mengambil S1 akan mendapat gelar S.Pd dan untuk DIII adalah A.Md.

Universitas Negeri Surabaya

Selain UNJ, detikers juga bisa memilih Universitas Negeri Surabaya yang menyediakan jurusan Tata Boga. Bahkan setiap tahunnya, peminat jurusan ini selalu meningkat yang jumlahnya bisa mencapai ratusan orang. Kampus ini pun juga menyediakan dua program untuk calon mahasiswanya, yakni DIII dan S1.

Bahkan jurusan Tata Boga di Universitas Negeri Surabaya juga sudah mengantongi akreditas A yang berarti jurusan ini sangatlah bagus. Jadi, bagi detikers yang tertarik di dunia Tata Boga, tidak ada salahnya jika memilih Universitas Negeri Surabaya.

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas tata boga terbaik yang bisa detikers pilih juga ada di Kota Jogja, tepatnya di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). UNY mulai menerima mahasiswa Tata Boga sejak tahun 2018. Program yang disediakan pun meliputi Program S1 dan DIII. Meskipun baru dibuka di tahun 2018, namun jurusan ini sudah mendapatkan akreditasi A.

Nantinya detikers akan belajar tentang caranya mengolah makanan, karakteristik bahan, merencanakan resep dan menu, mengatur nutrisi yang ideal, melakukan penyajian, dan masih banyak lagi.

Universitas Negeri Malang

Sama halnya dengan UNJ, Universitas Negeri Malang juga membuka jurusan Tata Boga untuk menyiapkan mahasiswanya agar menjadi guru. Prodi Tata Boga sendiri berada di fakultas Teknik, jurusan Teknologi Industri. Nantinya setelah lulus, detikers bisa berkarir untuk menjadi guru SMK dengan jurusan Tata Boga.
Materi-materi yang nantinya akan detikers pelajari meliputi Pengendalian Mutu Makanan, Desain Boga, Pengelolaan Makanan Kontinental, dan masih banyak lagi. Universitas Negeri Malang bisa menjadi universitas tata boga terbaik pilihan detikers.

Jadi, kira-kira kampus mana yang akan detikers pilih? Melalui beberapa universitas tata boga terbaik tersebut, detikers bisa mempertimbangkan akan berkuliah di mana dan akan mengambil program DIII atau S1. Mengingat saat ini bisnis kuliner semakin berkembang pesat. Jadi, detikers jangan lewatkan kesempatan ini untuk memperdalam ilmu tersebut semaksimal mungkin.

Simak Video "10 Universitas Terbaik Indonesia 2020 Versi Webometrics"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia