5 Universitas Favorit di Dunia Yang Banyak Diincar Pelajar Dari Berbagai Negara

Tim detikcom - detikEdu
Jumat, 19 Mar 2021 21:05 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menjadi pembicara dalam World Leader Forum di Columbia University, Amerika Serikat (AS). Dalam orasinya, JK menyebut agama bukanlah ajar dari muncullnya konflik.
Columbia University salah satu universitas favorit di dunia. (Muhammad Taufiqurrahman-detikcom)
Jakarta - Sebenarnya ada banyak sekali universitas favorit di dunia yang bisa detikers pilih. Karena jumlahnya banyak, hal ini menjadi peluang yang sangat besar bagi detikers untuk bisa menjadi salah satu mahasiswa di dalamnya. Apalagi setiap kampus tersebut biasanya juga menawarkan berbagai beasiswa dengan fasilitas yang menarik. Detikers hanya perlu selalu update dengan setiap informasi baru yang ada.

Dengan begitu, jika program beasiswa sudah dibuka, detikers bisa langsung tahu dan mempersiapkan semua persyaratannya. Apalagi belajar di negeri orang ini tidak sekadar untuk mempelajari bidang yang detikers inginkan saja. Tetapi ada keinginan untuk belajar hidup mandiri dan pastinya menikmati hidup di negara lain dengan musim yang berbeda dengan di Indonesia.

Deretan Kampus Favorit di Dunia Yang Bisa Dipilih

Berikut adalah beberapa kampus favorit di dunia yang bisa menjadi referensi detikers untuk melanjutkan pendidikan di negeri orang.

National University of Singapore (NUS)

Bagi detikers yang tidak mau jauh-jauh dari Indonesia, namun ingin kuliah di negara lain dengan kualitas yang bagus, maka National University of Singapore (NUS) bisa menjadi pilihan tepat. Kampus yang sudah ada sejak tahun 1905 ini adalah kampus terbesar di Singapura.

Bahkan kampus inilah yang memiliki jurusan Kedokteran pertama di negeri singa tersebut. Perlu detikers ketahui bahwa NUS adalah salah satu kampus yang paling tua dan bergengsi di Singapura.

Yale University, United States

Yale University adalah kampus swasta yang ada di New Haven, Connecticut dan sudah ada sejak tahun 1701. Bahkan kampus ini adalah institusi pendidikan tinggi yang ke-3 dan paling tua di Amerika Serikat dengan berbagai penghargaan nobel yang sudah pernah diterimanya dari Presiden Amerika Serikat.


Yale University juga pernah mendapatkan penerimaan akademik mencapai USD 12,7 miliar dan menjadi penerimaan akademik yang paling besar nomor 2 di dunia setelah kampus Harvard yang juga favorit itu.

Columbia University, United States

detikers pastinya kenal dengan artis Indonesia Cinta Laura Kiehl? Tahukah detikers bahwa artis yang biasa disapa Cinta Laura ini adalah lulusan Columbia University. Columbia University adalah kampus swasta yang berlokasi di New York City, Amerika Serikat dan sudah ada sejak tahun 1754 yang diberi nama King's College.

Sebagai universitas favorit di dunia, Universitas Columbia dikenal sebagai salah satu anggota dari Ivy League sekaligus sebagai kampus bergengsi di dunia, terkhusus di bidang ilmiah, hukum, humanitas, pendidikan, kedokteran, bisnis, dan teknik sipil.

Tsinghua University, China

Tuntutlah ilmu hingga ke negeri Cina. Salah satu kampus favorit di China yang bisa menjadi tempat detikers menuntut ilmu adalah Tsinghua University yang berada di Beijing, Tiongkok. Bahkan kampus ini menjadi salah satu dari sembilan anggota dalam Liga C9 universitas. Kampus yang berdiri sejak tahun 1911 ini memiliki dedikasi pada akademik, kesejahteraan masyarakat Tiongkok, serta pembangunan global.

Universitas Edinburgh

Universitas favorit di dunia yang bisa detikers tuju adalah Universitas Edinburgh. Kampus ini berlokasi di Edinburgh, yang menjadi ibu kota dari negara Skotlandia. Kampus yang sudah ada sejak tahun 1583 ini dalam setiap tahun bisa menerima mahasiswa mencapai 47.000 yang membuatnya sebagai kampus populer yang ke-3 di Britania Raya.

Bahkan diketahui tidak mudah untuk bisa menjadi bagian dari mahasiswa di kampus ini. Sudah banyak orang yang mengetahui bahwa kampus ini sangat prestisius. Jadi, pastinya akan bangga sekali jika detikers bisa berkuliah di Universitas Edinburgh.

Jadi, kampus mana yang menjadi incaran detikers? Melalui beberapa universitas favorit di dunia tersebut, detikers pun sekarang pastinya punya pandangan untuk menentukan kampus mana yang tepat.

Simak Video "10 Universitas Terbaik Indonesia 2020 Versi Webometrics"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia