5 Universitas Jurusan Hukum Terbaik di Indonesia Menurut The WUR

Tim detikcom - detikEdu
Sabtu, 20 Mar 2021 07:51 WIB
Ilustrasi Kampus UI, Depok
Kampus Universitas Indonesia, salah satu universitas dengan jurusan hukum terbaik (Foto: Grandyos Zafna/detikFOTO)
Jakarta - detikers yang saat ini berencana melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi mungkin sedang mencari universitas jurusan hukum terbaik. Nah, The World University Rankings atau WUR pernah mengeluarkan data yang detikers cari tersebut.

Untuk detikers yang adalah lulusan jurusan Hukum, nantinya ada banyak sekali pekerjaan yang bisa dilakukan. Misalnya saja sebagai notaris, hakim, pengacara, jaksa, HRD, staf kementerian, dan sebagainya. Dengan memilih kampus yang memiliki jurusan Hukum terbaik, maka akan sangat mendukung proses pembelajaran detikers. Sehingga bisa lulus dan mencapai impian sesuai dengan apa yang detikers harapkan.

Lalu, kampus mana saja yang menyediakan jurusan Hukum dengan kualitas terbaik?

Daftar Universitas dengan Jurusan Hukum Terbaik Di Indonesia

Berikut adalah beberapa universitas yang menyediakan jurusan hukum dengan kualitas terbaik di Indonesia menurut The World University Rankings (WUR) yang perlu detikers ketahui.

Universitas Indonesia (UI)

Di urutan pertama ada Universitas Indonesia (UI) yang menjadi salah satu kampus unggulan di Indonesia dan banyak diburu oleh para pelajar. Ada banyak sekali jurusan yang tersedia di kampus ini dan banyak calon mahasiswa yang memburunya.

Begitu pun dengan jurusan Hukum yang juga menjadi primadona di kampus ini. Berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh The WUR diketahui bahwa nilai keseluruhan yang didapat oleh UI adalah 25.1 - 30.1

Universitas Brawijaya

Di Universitas Brawijaya Malang juga memiliki jurusan Hukum. Perlu detikers ketahui bahwa Fakultas Hukum Universitas Brawijaya adalah fakultas yang paling tua. Di mana sebelumnya bernama Perguruan Tinggi Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (PTHPM) yang didirikan sejak tahun 1 Juli 1957.


Dan saat fakultas Hukum di Universitas Brawijaya telah menjadi yang terbaik di Jawa Timur dengan nilai keseluruhan sebesar 10.3 - 25.0. Jadi, detikers bisa memasukkan Universitas Brawijaya ke dalam daftar pilihan universitas jurusan hukum terbaik.

Universitas Diponegoro

Universitas yang ada di Kota Semarang ini juga bisa menjadi pilihan detikers untuk menuntut ilmu di bidang hukum. detikers perlu tahu bahwa Fakultas Hukum di kampus ini adalah fakultas pertama yang memprakarsai berdirinya Universitas Diponegoro. Sehingga wajar saja jika menurut penilaian The WUR, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro berada di posisi ke-3 dengan nilai keseluruhan sebesar 10.3 - 25.0.

Universitas Gadjah Mada (UGM)

detikers pasti kenal kan dengan UGM? Inilah salah satu kampus terbaik di Indonesia yang berlokasi di kota Pelajar, Jogja. Ada berbagai jurusan unggulan yang tersedia di kampus ini, tidak terkecuali jurusan Hukum. Karena kualitasnya yang baik, maka tidak mengherankan jika The WUR memposisikan jurusan Hukum UGM di peringkat ke-4.

Di mana nilai keseluruhan yang didapat adalah sebesar 10.3 - 25.0. Bahkan dari jurusan Hukum UGM telah meluluskan banyak orang hebat dengan berbagai profesi yang berhubungan dengan bidang hukum.

Universitas Padjajaran (Unpad)

Bagi detikers yang ingin berkuliah di Bandung, maka universitas jurusan hukum terbaik bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena kualitas jurusan Hukum di Universitas Padjajaran ini tidak perlu detikers ragukan lagi. Pantas saja jika penilaian yang dilakukan oleh The WUR telah memosisikan kampus ini berada di posisi ke-5. Di mana nilai keseluruhan yang didapat untuk jurusan Hukum Universitas Padjajaran adalah 10.3 - 25.0.

Itulah beberapa universitas jurusan hukum terbaik di Indonesia yang bisa menjadi pilihan detikers semua. Dengan menjadi salah satu mahasiswa Hukum di kampus tersebut, tentunya detikers akan merasa bangga sudah menjadi bagian dari jurusan yang berkualitas baik dan banyak diminati para pelajar Indonesia.



Simak Video "10 Universitas Terbaik Indonesia 2020 Versi Webometrics"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia