Universitas Swasta dengan Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia

Tim detikcom - detikEdu
Kamis, 11 Mar 2021 11:21 WIB
Smiling millennial Indian girl in wireless headset sit at desk in living room study online on laptop, happy young ethnic female in headphones watch webinar or course on Internet on computer
Universitas Swasta dengan Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia (Ilustrasi Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes)
Jakarta - Universitas swasta di Indonesia dengan jurusan psikologi terbaik menjadi bahasan yang menarik, terutama bagi siswa kelas 12 SMA yang sebentar lagi akan memasuki dunia perkuliahan. Memilih kampus dan jurusan kuliah memang merupakan hal yang penting dan harus dipikirkan sematang mungkin.

Psikologi merupakan salah satu jurusan yang cukup banyak diminati oleh siswa-siswa kelas 12 SMA yang akan meneruskan pendidikan di jenjang perguruan tinggi. Maka tidak heran, jika sekarang juga semakin banyak universitas baik negeri maupun swasta yang mempunyai jurusan psikologi.

Nah, sesuai dengan judul di atas, di sini akan membahas mengenai beberapa universitas swasta psikologi terbaik yang ada di Indonesia. Dengan begitu, bagi detikers yang tidak lolos ke PTN namun masih ingin berkuliah dengan mengambil jurusan psikologi, bisa memilih salah satu dari universitas swasta terbaik tersebut.

Berikut ini 6 universitas swasta dengan jurusan psikologi terbaik yang ada di Indonesia:

1. Universita Sanata Dharma Yogyakarta

Universitas Sanata Dharma Yogyakarta sudah berdiri sejak tahun 1955. Universitas ini merupakan salah satu kampus yang memiliki jurusan psikologi dengan akreditasi A.

Bahkan jurusan psikologi di universitas ini berhasil masuk ke daftar 10 jurusan psikologi yang terbaik di Indonesia. Itu karena fasilitasnya yang sangat mendukung dan juga lengkap.

2. Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta

Salah satu universitas swasta psikologi terbaik adalah Universitas Katolik (Unika) Atma Jaya yang berada di Jakarta. Universitas yang satu ini sudah terakreditasi A. Begitu pula dengan jurusan psikologi yang juga sudah mendapatkan akreditasi A.

3. Universitas Muhammadiyah Malang

detikers yang mencari universitas di luar Jakarta yang mempunyai jurusan psikologi terbaik, bisa memilih Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Jurusan Psikologi di Universitas ini sudah mendapatkan akreditasi A dan berhasil masuk ke 10 besar kampus dengan jurusan psikologi terbaik di Indonesia. Banyak psikolog profesional yang berasal dari universitas ini.

4. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

Jika detikers ingin berkuliah di Yogyakarta dan mengambil jurusan psikologi, maka Universitas Islam Indonesia bisa menjadi salah satu pilihan yang terbaik.
Jurusan psikologi di universitas ini juga masuk ke dalam 10 besar universitas yang mempunyai jurusan psikologi terbaik di Indonesia. Universitas ini mempunyai khas di dalam jurusan psikologi yang adalah psikologi islam.

Nah, karena ciri khas tersebut, universitas ini cukup sering menjadi penggagas seminar internasional maupun konferensi yang membahas mengenai Psikologi di dalam perspektif islam.

5. Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Fakultas Psikologi di universitas ini sudah berdiri sejak 1993 silam. Fakultas Psikologi ini bahkan sudah meluluskan ribuan sarjana psikologi. Universitas Mercu Buana Yogyakarta untuk Fakultas Psikologi sendiri sudah tiga kali berturut selalu mendapatkan akreditasi A Ban-PT.

6. Universitas Gunadarma, Jawa Barat

Bagi detikers yang mencari universitas dengan jurusan psikologi terbaik tapi masih di dekat dengan kota Jakarta, Universitas Gunadarma bisa menjadi pilihan yang bagus. Jurusan psikologi di universitas ini sudah mendapatkan akreditasi A dari Ban-PT sejak tahun 2005.

Nah, itulah beberapa universitas swasta psikologi terbaik yang ada di Indonesia dan bisa menjadi pilihan detikers yang ingin kuliah jurusan psikologi namun gagal masuk PTN. Meskipun universitas swasta, berbagai jurusan psikologi di berbagai universitas di atas berhasil masuk ke dalam peringkat paling tinggi.

(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia