Peringkat Kampus Swasta Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2021

Tim detikcom - detikEdu
Rabu, 10 Mar 2021 20:19 WIB
Penjelasan Pihak Binus Terkait Mahasiswa yang Tewas Terjun di Kampus
Webometrics menempatkan Universitas Binus pada posisi pertama dalam peringkat perguruan tinggi swasta (Foto: Adhi Indra Prasetya)
Jakarta - Setiap pendaftaran mahasiswa baru, biasanya detikers lebih banyak yang memilih untuk mendaftar di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui beberapa jalur yang disediakan. Namun, memiliki alternatif untuk berkuliah di Perguruan Tinggi Swasta juga bukanlah pilihan yang buruk. Karena ada banyak sekali kampus swasta terbaik yang tersebar di Indonesia.

Bahkan juga ada peringkat perguruan tinggi swasta untuk membantu detikers agar lebih mudah menentukan pilihannya. Peringkat untuk kampus swasta di Indonesia biasanya dilakukan oleh Webometrics Ranking of World Universities sebagai lembaga pemeringkat perguruan tinggi di seluruh dunia. Tentunya ada beberapa indikator yang digunakan untuk menilai kampus-kampus swasta tersebut.

Indikator Pemeringkatan Yang Digunakan Oleh Webometrics

Berikut adalah beberapa indikator yang digunakan oleh Webometrics untuk menentukan peringkat kampus swasta di Indonesia.

1. Visibilitas
Visibilitas ini diukur berdasar pada jumlah jaringan eksternal yang terhubung dengan halaman web institusi. Dalam hal ini nantinya akan dinormalisasi, lalu dipilih nilai maksimumnya.

2. Impact
Impact ini dinilai berdasar pada banyaknya backlink yang berasal dari situs luar.

3. Openness
Openness ini diukur berdasar pada jumlah file dengan beragam jenis format, seperti halnya .pdf, .doc, .ps, .eps, .ppt, maupun .pptx. Di mana kesemuanya bisa diakses dan terkoneksi dengan domain dari situs milik universitas.

4. Excellence
Excellence ini dinilai berdasar pada jumlah artikel publikasi ilmiah dari karya civitas akademika suatu universitas yang bersangkutan.

Kampus Swasta Terbaik Di Indonesia Versi Webometrics

Sebagaimana penilaian yang dilakukan oleh Webometrics dengan menampilkan indikator impact, openness, dan excellence, maka dihasilkan pemeringkatan kampus swasta terbaik di Indonesia sebagai berikut.

1. Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Untuk ranking pertama ada Universitas Bina Nusantara (BINUS) sebagai kampus swasta terbaik di Indonesia. Untuk rincian peringkatnya diketahui Impact bernilai 1.926, Openness bernilai 2.464, dan Excellence bernilai 2.631. Sedangkan dalam peringkat dunia, BINUS menempati posisi ke-1.902.

2. Telkom University (Tel-U)

Peringkat perguruan tinggi swasta dengan posisi kedua adalah Telkom University (Tel-U). Kampus yang berlokasi di Bandung ini memiliki rincian peringkat dengan Impact yang bernilai 662, Openness bernilai 5.954, dan Excellence bernilai 2.649. Sedangkan dalam peringkat dunia, Tel-U berada di posisi ke-2.196.

3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Kampus swasta yang berada di Jogja ini berhasil menempati posisi ke-3 sebagai kampus swasta terbaik di Indonesia. UMY memiliki rincian peringkat yang meliputi Impact bernilai 1.889, Openness bernilai 1.879, dan Excellence bernilai 3.795. Sedangkan dalam pemeringkatan dunia, UMY berada di posisi ke-2.342.

4. Universitas Gunadarma (Gundar)

Di peringkat perguruan tinggi swasta keempat ada Universitas Gunadarma atau yang biasa disingkat dengan nama Gundar. Kampus ini memiliki rincian peringkat yang meliputi Impact bernilai 1.201, Openness bernilai 2.126, dan Excellence bernilai 5.114. Sedangkan dalam pemeringkatan dunia, Gundar menempati posisi ke-2.979.

5. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Dan di peringkat ke-5 jatuh pada kampus swasta di Yogyakarta, yakni Universitas Ahmad Dahlan. Di mana kampus ini memiliki rincian peringkat yang meliputi Impact bernilai 2.292, Openness bernilai 5.954, dan Excellence bernilai 3.116. Sedangkan dalam peringkat dunia, UAD berada di posisi ke-3.148.

Itulah kelima peringkat perguruan tinggi swasta di Indonesia pada tahun 2021 versi Webometrics. Bahkan jurusan yang ditawarkan oleh setiap kampus pun jangan sangat beragam. Jadi, detikers bisa menjadikan kampus-kampus tersebut sebagai alternatif untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dengan kualitas yang baik. (pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia