Universitas dengan Jurusan Teknik Otomotif Terbaik, Inilah Rekomendasinya

Tim detikcom - detikEdu
Rabu, 10 Mar 2021 18:58 WIB
Sebagai bentuk komitmen Suzuki dalam investasinya di Indonesia serta memenuhi kebutuhan otomotif di pasar nasional maupun ekspor, PT. Suzuki Indomobil Motor (SIM) meresmikan pabrik baru nya dengan fasilitas perakitan mobil, produksi mesin dan transmisi mobil di Kawasan Industri Greendland International Industrial Center (GIIC) Blok AC No.1 Kota Deltamas, Cikarang Pusat  Bekasi, Jawa Barat dengan total investasi sebesar US$ 1 Milliar.
Industri otomotif membutuhkan lulusan dari universitas teknik otomotif terbaik (Foto: File detikOto)
Jakarta - Tidak sedikit dari calon mahasiswa yang memiliki minat besar untuk berkuliah di jurusan teknik otomotif. Mengingat pesatnya perkembangan otomotif yang membutuhkan kemampuan orang-orang ahli di bidang tersebut.

Tak perlu ke luar negeri, karena sejumlah universitas teknik otomotif terbaik tersedia di Indonesia yang juga bisa menghasilkan lulusan-lulusan terbaik dan dapat diandalkan bekerja pada sektor industri otomotif.

Detikers pastinya semakin penasaran tentang kampus mana saja yang menyediakan jurusan ini. Informasi ini bisa jadi bahan pertimbangan memilih kampus yang tepat.

Berikut adalah beberapa rekomendasi kampus dengan jurusan teknik otomotif terbaik di Indonesia yang bisa detikers pilih.

1. Universitas Negeri Malang

Perlu detikers ketahui bahwa teknik otomotif di Universitas Negeri Malang sudah mengantongi akreditasi A sejak tahun 2017 dari BAN-PT. Hal ini tidak terlepas karena programa pengajaran yang diberikan tergolong sangat lengkap dengan total SKS yang disediakan sebanyak 144 sampai 152 SKS.

Beberapa mata kuliah yang nantinya akan detikers pelajari adalah tentang Peralatan otomotif, Teknologi Motor Bensin, Teknologi Motor Diesel, Kelistrikan Engine, sampai Perbaikan Bodi Kendaraan.

Jadi, bagi detikers yang ingin handal di bidang otomotif ini, tidak ada salahnya segera mempersiapkan untuk masuk ke Universitas Negeri Malang.

2. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Tepat jika Jogja selama ini dijuluki sebagai Kota Pelajar. Karena di kota inilah, detikers bisa menemukan berbagai kampus terbaik yang menyediakan jurusan-jurusan yang banyak diminati oleh para pelajar Indonesia.

Salah satunya adalah jurusan Teknik Otomotif yang disediakan oleh UNY. Diketahui bahwa UNY menyediakan jurusan Pendidikan Teknik Otomotif bagi S1 dengan memiliki 148 SKS.

Beberapa mata kuliah yang nantinya akan detikers pelajari adalah Teknologi Otomotif Dasar, Listrik dan Elektronika Dasar, Termodinamika, sampai Elemen Mekanik Otomotif. Bahkan UNY juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk menunjang pembelajaran. Seperti bengkel engine, bengkel kelistrikan, bengkel bodi dan cat, laboratorium bahan teknik, dan laboratorium hidro-pneumatik.

3. Universitas Muhammadiyah Purworejo

Inilah satu-satunya kampus swasta di Indonesia sebagai universitas teknik otomotif terbaik yang bisa menjadi pilihan detikers. Akreditasinya pun sudah dimuat secara resmi oleh BAN-PT.

Jika detikers berminat untuk kuliah di kampus ini, maka jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Keguruandan Ilmu Pendidikan. Bahkan kampus ini juga sudah pernah menorehkan prestasi yang membanggakan.

Misalnya mengadakan Automotif Educative Zone 2017 bersama dengan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif. Jadi, detikers tidak perlu meragukan lagi kualitas jurusan Teknik otomotif di Universitas Muhammadiyah Purworejo.

4. Universitas Negeri Padang

Jurusan Teknik Otomotif tidak hanya ada di Pulau Jawa saja. Pulau Sumatera juga punya Universitas Negeri Padang yang telah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT untuk jurusanPendidikan Teknik Otomotif sejak tahun 2016.

Jadi, bagi detikers yang ingin memiliki karir sebagai tenaga pendidik di bidang otomotif, maka Universitas Negeri Padang adalah pilihan yang tepat sebagai universitas teknik otomotif terbaik .

5. Universitas Negeri Makassar

Di Indonesia bagian timur tepatkan Kota Makassar juga punya Universitas Negeri Makassar yang menyediakan jurusan Teknik Otomotif terbaik. Bahkan akreditasinya saja sudah A. Mata kuliah yang akan detikers pelajari antara lain Material Teknik, Elektronika Otomotif, Termodinamika dan Perpin Panas, sampai Modifikasi Sepeda Motor.

Jadi, detikers yang berasal dari Indonesia Timur tidak perlu jauh-jauh ke Pulau Jawa. Karena sudah ada Universitas Negeri Makassar.

Dengan beberapa rekomendasi universitas teknik otomotif terbaik tersebut, detikers pun sudah mulai bisa mempertimbangkan mana kampus yang akan detikers pilih. (pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia