Daftar Universitas dengan Jurusan Bioteknologi Terbaik di Indonesia

Tim detikcom - detikEdu
Rabu, 10 Mar 2021 16:36 WIB
Kegiatan di kampus IPB University
IPB salah satu kampus atau universitas jurusan bioteknologi terbaik di Indonesia (Foto: Dokumentasi IPB)
Jakarta - Peningkatan kebutuhan lulusan jurusan bioteknologi semakin dirasakan di sejumlah negara, tak terkecuali Indonesia. Mungkin diantara detikers sudah mulai tertarik akan bidang ini sejak SMA dengan memutuskan untuk mengambil jurusan IPA.

Untuk diketahui, di Indonesia sendiri sudah banyak universitas jurusan bioteknologi terbaik yang bisa detikers lirik. Diketahui bahwa prospek untuk lulusan bioteknologi ini sangatlah besar.

Baik itu untuk sektor farmasi, energi, forensik, dan pertanian. Di dalam jurusan ini, nantinya detikers akan belajar tentang cara memanfaatkan mikroorganisme dengan melibatkan teknologi guna menghasilkan produk yang bisa bermanfaat untuk umat manusia.

Jika detikers sudah lulus, maka ada banyak profesi yang dijalankan. Misalnya saja ahli bioteknologi, insinyur biomedis, bioteknologi pertanian, dan sebagainya. Lalu, universitas mana saja yang memiliki jurusan bioteknologi dan bisa menjadi target detikers setelah lulus SMA?

Universitas yang Memiliki Jurusan Bioteknologi Di Indonesia

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Inilah salah satu kampus impian para pelajar di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Setiap penerimaan mahasiswa baru, kampus ini selalu langganan dengan pendaftar yang membludak. Dari sekian banyak jurusan yang tersedia, bioteknologi juga turut menjadi primadona.

Tidak mengherankan jika bioteknologi UGM mengantongi predikat terbaik di Indonesia. Untuk jurusan ini, UGM sendiri menyediakan untuk program Sarjana dan Pascasarjana.

2. Universitas Surabaya

Universitas Surabaya atau yang lebih populer dengan sebutan UNESA ini menjadi kampus terbaik di Indonesia yang bisa detikers tuju. Bahkan, kampus ini menduduki ranking ke-38 sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia dari 163 perguruan tinggi yang sudah terakreditasi. Salah satu jurusan yang bisa detikers pilih adalah bioteknologi dengan program Sarjana yang sudah terakreditasi oleh BAN-PT.

3. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Detikers pasti tidak asing lagi kan dengan IPB? Kampus populer ini memang selalu menjadi tujuan dari banyak pelajar di Indonesia sekaligus menjadi universitas jurusan bioteknologi terbaik .

Karena konsistensinya yang besar untuk bidang pertanian dan energi terbarukan, maka wajar saja jika kampus ini menjadi jajaran perguruan tinggi di bidang bioteknologi Indonesia dengan fokus pada pertanian. Bagi detikers yang tertarik untuk kuliah di IPB, maka jurusan ini masuk dalam Agronomi dan Hortikultura.

4. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Tak hanya IPB saja, Indonesia juga punya ITB sebagai tempatnya memperdalam bidang bioteknologi yang terletak di Bandung, Jawa Barat. Detikers bisa melihat bahwa mahasiswa di kampus ini tidak hanya dari daerah Jawa Barat saja.
Melainkan datang dari seluruh penjuru Indonesia. Sebelumnya diketahui bahwa IPB memfokuskan bioteknologi di bidang tanaman. Sedangkan ITB fokus di bidang inovasi teknologi.

5. Universitas Brawijaya

Universitas jurusan bioteknologi terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Universitas Brawijaya. Karena lokasinya yang berada di Malang, maka wajar saja jika kampus ini selalu didukung dengan sarana dan prasarana yang berkualitas. Untuk kompetensi yang dipelajari di jurusan ini adalah pemanfaatan biotik, proses produksi, hingga cara menghasilkan barang serta jasa untuk skala industri.

Bahkan jika detikers bisa menjadi bagian dari bioteknologi Brawijaya, maka akan sangat beruntung sekali. Karena kampus ini sudah menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan besar seperti PT Great Giant Penapple, PT Sampoerna Agro, dan sebagainya.

Itulah beberapa universitas jurusan bioteknologi terbaik di Indonesia yang bisa menjadi tujuan detikers. Dari kampus inilah, detikers bisa semakin memperdalam bidang bioteknologi untuk nantinya bisa berkontribusi pada masyarakat. (pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia