4 Universitas Swasta dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Akreditasi A

Tim detikcom - detikEdu
Rabu, 10 Mar 2021 11:48 WIB
Divers group of high school of college graduates smiling during the graduation ceremony. They are standing in a row.
4 Universitas Swasta dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Akreditasi A yang bisa jadi pilihan calon mahasiswa (Ilustrasi foto : iStock)
Jakarta - Salah satu jurusan favorit yang banyak diincar oleh para lulusan SMA adalah ilmu komunikasi. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali universitas negeri maupun universitas swasta ilmu komunikasi yang bisa detikers pilih.

Jurusan ini memiliki prospek yang sangat luas, bahkan bisa ditempatkan kerja di banyak tempat. Apalagi di zaman modern ini tidak sedikit dari perusahaan yang membutuhkan lulusan ilmu komunikasi untuk membantu mengelola perusahaan. Karena menjadi lulusan ilmu komunikasi tidaklah sebatas hanya bekerja sebagai humas saja.

Tetapi juga bisa sebagai public relation, wartawan, presenter, editor, YouTuber, redaktur, creative director, dan masih banyak lagi.
Hal inilah yang kemudian kerap detikers jumpai bahwa beberapa kampus yang menyediakan jurusan ilmu komunikasi membuka kuota yang cukup banyak. Karena memang peminatnya juga sangatlah tinggi.

Daftar Universitas Swasta dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Akreditasi A

Selain perguruan tinggi negeri, berikut ini ada beberapa rekomendasi kampus swasta yang memiliki jurusan Ilmu Komunikasi dengan akreditasi A.

Universitas Islam Indonesia (UII)

Inilah salah satu kampus populer di Kota Yogyakarta yang bisa detikers incar. Di sini menyediakan jurusan Ilmu Komunikasi yang telah ada sejak tahun 2015. Diketahui bahwa UII menempati peringkat ke-29 dari 100 perguruan tinggi menurut Kemenristekdikti.

Di UII, jurusan Ilmu Komunikasi masuk ke dalam Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial. Jurusan ini juga menyediakan tiga bidang minat berupa Jurnalisme Penyiaran, Komunikasi Strategis, serta Budaya dan Media Kreatif.

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Ilmu Komunikasi yang sudah terakreditasi A juga ada di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Di mana jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi. Diketahui bahwa kampus ini menduduki posisi ke-30 dalam kemenristekdikti.

Jadi, jika detikers memilih Ilmu Komunikasi di kampus ini sudah sangat tepat. Untuk peminatan yang disediakan, detikers bisa memilih Komunikasi Korporasi, Komunikasi Pemasaran, serta Media dan Komunikasi.

Universitas Telkom

Bagi detikers yang berminat mengambil jurusan Ilmu Komunikasi dan berharap bisa kuliah di Kota Bandung, maka bisa menjatuhkan pilihan di Universitas Telkom sebagai universitas swasta ilmu komunikasi terbaik. Jurusan Ilmu Komunikasi di kampus ini sudah terakreditasi A sejak tahun 2017.
Di sini ada dua peminatan yang disediakan, yakni berupa konsentrasi Broadcasting dan Komunikasi Pemasaran. Jadi, untuk detikers yang ingin terjun ke dunia penyiaran, maka kampus Telkom Bandung bisa menjadi pilihannya.

Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Sebagai kota pendidikan, Jogja memang masih menjadi kota tujuan bagi sebagian besar pelajar Indonesia untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Salah satu jurusan yang banyak peminatnya adalah Ilmu Komunikasi. Detikers bisa memilih Universitas Atma Jaya sebagai universitas swasta ilmu komunikasi yang sudah memiliki akreditasi A untuk jurusan ini.

Diketahui bahwa Universitas Atma Jaya berada di posisi ke-34 dalam daftar Kemenristekdikti di tahun 2018. Bahkan jurusan ini juga menyediakan beberapa peminatan yang bisa detikers sesuaikan dengan keinginan. Di antaranya berupa Hubungan Masyarakat, Komunikasi Pemasaran dan Periklanan, Kajian Media, dan Jurnalisme.

Itulah beberapa universitas swasta ilmu komunikasi di Indonesia yang sudah mengantongi akreditasi A. Detikers bisa mempertimbangkan kampus-kampus tersebut untuk mendapatkan kampus yang sesuai dengan harapan. Karena setiap kampus tersebut terletak di berbagai kota di Indonesia. Dan detikers harus juga menentukan di kota mana yang menurut detikers lebih nyaman dan bisa belajar dengan baik.

(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia