Inilah 7 Universitas Terbaik di ASEAN, NUS Tempati Posisi Pertama

Tim detikcom - detikEdu
Selasa, 09 Mar 2021 20:35 WIB
Kampus Nanyang Technological University
Nanyang Technological University, salah satu universitas terbaik di ASEAN (Foto: Dok Nanyang Technological University)
Jakarta - Ada sejumlah universitas terbaik di ASEAN yang bisa pilihan detikers jika ingin melanjutkan kuliah. Bahkan diketahui ada 3.935 kampus dari 11 negara di Asia tenggara yang telah memiliki peringkat.

Hal ini berdasarkan pemeringkatan yang sudah dilakukan oleh Webometrics. Webometrics sendiri biasanya selalu memperbarui ranking universitas di ASEAN setiap bulan Januari dan Juli. Berikut ini adalah beberapa kampus terbaik di ASEAN yang bisa menjadi target detikers.

1. National University of Singapore (NUS)

Negara tetangga Indonesia ini memiliki salah satu kampus terbaik berupa National University of Singapore (NUS) yang kerap kali menempati posisi pertama.
Kemunculan kampus ini dimulai dengan adanya sekolah kedokteran yang didirikan tahun 1905.

Kemudian di tahun 1980 kampus ini resmi menjadi NUS. Bagi detikers yang ingin kuliah di universitas terbaik di ASEAN, tapi tidak ingin jauh-jauh dari tanah air, maka NUS bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. Nanyang Technological University (NTU)

Meskipun wilayahnya tidak terlalu luas, namun Singapura menjadi satu-satunya negara maju di Asia Tenggara yang memiliki kualitas pendidikan bagus.

Selain NUS, Singapura juga memiliki NTU yang didirikan tahun 1981 dengan nama Nanyang Technological Institute (NTI).

Kemudian di tahun 1991, NTI bergabung dengan Institut Pendidikan Nasional dan jadilah NTU.

3. University of Malaya (UM)

Masih di negara tetangga Indonesia yakni Malaysia memiliki kampus terbaiknya berupa University of Malaya. Kampus ini berada di Kuala Lumpur, Malaysia yang diresmikan sejak tahun 8 Oktober 1949.

Diketahui bahwa UM adalah penggabungan dari Fakultas Kedokteran King Eddward VII dan Raffless College. Jadi, apakah detikers tertarik untuk berkuliah di kampus ini?

4. Chulalongkorn University

Mana nih detikers yang kerap menonton drama Thailand? Kira-kira detikers ada niatan untuk kuliah di negeri Gajah Putih enggak? Karena di negara ini memiliki universitas terbaik di asean bernama Chulalongkorn University. Lebih tepatnya berada di Bangkok, Thailand.

Kampus ini didirikan sejak bulan Maret tahun 1917 dan menjadi universitas yang merupakan institusi pendidikan tinggi pertama di Thailand.

5. Universiti Teknologi Malaysia (UTM)

Malaysia tidak hanya memiliki University of Malaya saja, tetapi juga ada Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Di mana kampus ini berada di Johor, Malaysia yang diawali dengan pendirian sekolah teknis pada tahun 1904.

Seiring berjalannya waktu, kampus ini pun telah berubah menjadi universitas pada bulan Maret 1972 dan di tahun 1975 pun UTM resmi berdiri.

6. Universiti Sains Malaysia

Malaysia memang menjadi salah satu negara tetangga Indonesia yang memiliki banyak kampus terbaiknya.

Bagi detikers yang memiliki minta besar dalam pengetahuan sains, maka tidak ada salahnya untuk memilih Universiti Sains Malaysia.

Kampus ini berada di Pulau Penang, Malaysia yang didirikan sejak tahun 1969. Bahkan Universiti Sains Malaysia menjadi kampus kedua yang didirikan di Malaysia.

7. Universiti Putra Malaysia

Masih dengan kampus di Malaysia sebagai universitas terbaik di asean berupa Universiti Putra Malaysia.

Lebih tepatnya kampus ini berada di Selangor, Malaysia yang pada awalnya adalah sekolah pertanian di tahun 1931.

Kemudian di tahun 1997 resmi menjadi Universiti Putra Malaysia.

Sedangkan dari Indonesia juga memiliki kampus andalan. Berdasar pemeringkatan QS University Ranking, Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati posisi ke-57, UI posisi ke-59, dan ITB posisi ke-62 di Asia.

Itulah beberapa universitas terbaik di ASEAN yang bisa menjadi rekomendasi bagi detikers untuk melanjutkan pendidikan.

(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia