7 Universitas Terluas di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia, Lho!

Tim detikcom - detikEdu
Selasa, 09 Mar 2021 15:58 WIB
Divers group of high school of college graduates smiling during the graduation ceremony. They are standing in a row.
7 Universitas Terluas di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia, Lho! (Ilustrasi Foto: iStock)
Jakarta - Saat mencari universitas atau perguruan tinggi, pernahkah detikers membayangkan di mana universitas terluas di dunia? Sebagai lembaga pendidikan tertinggi, universitas memegang peran penting dalam menyajikan materi edukatif yang sifatnya lebih mendalam dan mempersiapkan detikers sebelum terjun ke tengah masyarakat.


Besar dan luasnya universitas berdampak juga terhadap kenyamanan detikers selama kuliah. Di bawah ini terdapat tujuh universitas terluas versi Largest.org yang dihitung berdasarkan daya tampung mahasiswa, kampus, dan pembelajaran jarak jauh.

1. Universitas Terbuka Nasional Indira Gandhi

Berlokasi di India, Universitas Terbuka Nasional Indira Gandhi mempunyai kapasitas mahasiswa sampai 4 juta orang. Universitas terluas di dunia yang diresmikan pada 1985 ini menyediakan perkuliahan jarak jauh yang fleksibel, sehingga dapat dijangkau kalangan minoritas yang memerlukan edukasi berkualitas tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

2. Universitas Nasional Banglades

Dengan daya tampung lebih dari 2 juta mahasiswa, Universitas Nasional Banglades disediakan untuk mereka yang menetap di kawasan rural dan semi-rural. Perguruan tinggi yang beroperasi sejak 1992 ini bertempat di Gazipur dan menjadi salah satu pusat pembelajaran terbaik yang bisa diakses masyarakat Banglades. Terutama untuk mereka yang membutuhkan pendidikan tinggi.

3. Universitas Anadolu

Sebagai salah satu negara multikultural, Turki adalah tujuan tepat buat detikers yang pengin belajar budaya dari Asia dan Eropa. Mereka juga menyediakan Universitas Anadolu, salah satu universitas terluas di dunia yang menampung lebih dari 1,9 juta mahasiswa dan berdiri sejak 1958. Di sini, mahasiswa bisa mempelajari ilmu seputar sains, medis, teknik, ekonomi, hingga pendidikan.

4. Universitas Terbuka Allama Iqbal

Di Pakistan, ada Universitas Terbuka Allama Iqbal yang jadi tujuan sejumlah mahasiswi di negara tersebut. Mampu menampung hingga lebih dari 1 juta mahasiswa, universitas tersebut merupakan institusi pertama yang menyediakan pembelajaran jarak jauh di Asia Selatan. Bukan hanya itu, Allama Iqbal yang berdiri sejak 1974 adalah universitas terbuka pertama di kawasan Asia dan Afrika.

5. Universitas Islam Azad

Dengan lebih dari 1,5 juta mahasiswa, universitas terluas di dunia ini mempunyai 31 cabang yang tersebar di seluruh Iran. Universitas Islam Azad juga tak bergantung kepada biaya pemerintah dan membuat statusnya menjadi universitas semi-swasta. Berdiri sejak 1982, universitas ini menyediakan cara pendaftaran berbeda dari universitas lain di dunia.

6. Universitas Negara Bagian New York

Di Amerika Serikat, ada Universitas Negara Bagian New York yang dikelola Dewan Pengawas New York yang beranggotakan 18 orang. Menawarkan sistem komprehensif terbesar di negara tersebut, universitas ini menyediakan 64 sekolah untuk mahasiswa yang mempunyai pengalaman unik. Selain itu, kampus yang berdiri sejak 1948 tersebut memiliki daya tampung lebih dari 600 ribu mahasiswa.

7. Universitas Terbuka Indonesia

Ya, salah satu universitas terluas di dunia ternyata ada di Indonesia! Universitas Terbuka yang kini menampung lebih dari 500 ribu mahasiswa sudah ada sejak 1984. Statusnya sebagai universitas terbuka pun menjadi pilihan banyak orang yang ingin menempuh pendidikan tertinggi, tetapi tidak punya bujet yang besar atau terhalang jarak jauh ke pusat kota.

Dari daftar di atas, detikers dapat menilai kalau beberapa kampus yang statusnya universitas terbuka mampu menyediakan fasilitas dan layanan memadai. Khususnya untuk masyarakat yang selama ini terganjal biaya atau akses ke lokasi. Siapa tahu, ada universitas terluas di dunia yang berjodoh dengan detikers.

(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia