5 Tempat Kuliah Terbagus di Dunia yang Langganan Dapat Posisi Terbaik

Tim detikcom - detikEdu
Senin, 08 Mar 2021 15:19 WIB
ilustrasi kelulusan
5 Tempat Kuliah Terbagus di Dunia yang Langganan Dapat Posisi Terbaik (Ilustrasi Foto: thinkstock)
Jakarta - Bisa melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di luar negeri adalah impian dari banyak pelajar. Tidak terkecuali dengan negara Indonesia yang mengincar kuliah terbagus di dunia.

Bahkan tidak sedikit dari para pejabat, artis, hingga masyarakat biasa di Indonesia yang merupakan lulusan dari universitas di luar negeri. Pastinya detikers tahu dong universitas bergengsi mana saja yang selama ini menjadi target para pelajar dunia?

detikers tentunya juga ingin belajar di tempat tersebut, tinggal dan hidup mandiri di negeri orang, serta menikmati arsitektur gedung perkuliahan yang luar biasanya indahnya itu. Mengingat sebagian besar universitas populer tersebut sudah ada sejak bertahun-tahun lamanya dengan bangunan yang mengandung unsur estetik.

QS World University Rankings (QSWUR) adalah peringkat internasional yang selama ini dibaca oleh banyak orang dan menjadi satu-satunya perangkingan yang sudah disetujui oleh International Ranking Expert Group (IREG). Berikut adalah beberapa perguruan terbaik di dunia dengan versi QSWUR.

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

MIT menjadi institusi swasta yang ada di Cambridge, Massachusetts. Perlu detikers ketahui bahwa kampus ini memiliki 5 sekolah serta 1 kolase dengan 32 departemen khusus untuk bidang sains dan teknologi.

Bahkan hebatnya lagi, kampus ini memiliki peran sebagai universitas riset dengan tingkat aktivitas penelitian yang tertinggi di dunia. Sehingga wajar saja jika MIT menduduki peringkat teratas sebagai kampus terbaik di dunia.

2. Stanford University

Mana nih dari detikers yang bercita-cia bisa berkuliah di Stanford University? Kampus terbesar kedua di dunia yang banyak diburu oleh para pelajar di seluruh penjuru ini berada sekitar 60 km sebelah tenggara San Fransisco. Ada beberapa jurusan yang bisa detikers pilih di kampus ini. Antaranya berupa kedokteran, hukum, ilmu bumi, pendidikan, sains, bisnis, dan humaniora.

detikers juga akan dibuat takjub karena kampus ini menyediakan beberapa program dan rumah sakit pendidikan. Jadi, tidak salah jika detikers memasukkan Stanford University ke dalam daftar incaran kampus terbaik di dunia yang akan dituju.

3. Harvard University

Kuliah terbagus di dunia pada posisi ketiga yang bisa detikers pilih adalah Harvard University. Sebagai kampus bergengsi di dunia, Harvard University menjadi kampus yang memiliki pendapatan terbesar di antara universitas yang ada di dunia.

Ada beberapa fakultas yang disediakan di Harvard University, diantaranya berupa Fakultas Seni dan Sains, Kedokteran, Harvard Divinity School, Harvard Law School, Harvard Business School, Harvard Graduate School of Design, Harvard Graduate School of Education, Harvard School of Public Health, dan Kennedy School of Government.

4. University of Oxford

Pilihan tepat jika detikers memilih University of Oxford yang ada di kota Oxford, Inggris ini. Bahkan kampus ini langganan mendapatkan posisi di dalam daftar universitas terbaik di dunia. Kampus ini memiliki berbagai institusi, termasuk di dalamnya 38 kolese konstituen di berbagai departemen akademik.
Beberapa jurusan yang bisa detikers pilih di kuliah terbagus di dunia ini antaranya adalah bangunan dan perencanaan, arsitektur, bisnis dan manajemen, humaniora,hukum, ilmu komputer, dan masih banyak lagi.

5. California Institute of Technology


Kampus yang satu ini juga dikenal dengan nama Caltech. Bagi detikers yang ingin memperdalam pengetahuannya akan ilmu alam dan teknik, maka di kampus inilah tempatnya. Tidak hanya itu saja, kampus ini juga mengoperasikan kompleks penerbangan luar angkasa yang telah memimpin dunia dengan nama Jet Propulsion Laboratory.

Itulah lima tempat kuliah terbagus di dunia yang selalu saja berlangganan mendapatkan posisi terbaik. Pastinya lulusan dari universitas tersebut tidak perlu diragukan lagi. Jadi, kampus mana yang sudah detikers impikan sejak lama?

(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia