6 Universitas dengan Jurusan Ilmu Gizi Terbaik di Indonesia

Tim detikcom - detikEdu
Jumat, 05 Mar 2021 10:57 WIB
Online education concept with person using a laptop on a white table
Ilustrasi 6 Universitas dengan Jurusan Ilmu Gizi Terbaik (Foto: Getty Images/iStockphoto/Melpomenem)
Jakarta - Universitas jurusan gizi terbaik belakangan jadi program studi yang diminati seiring meningkatnya kesadaran terhadap kesehatan. detikers yang mengambil jurusan ini bakal mempelajari materi terkait nutrisi dalam kehidupan manusia, diet dan gaya hidup, pola makan sehat, hingga asupan makan yang memiliki kandungan nutrisi tinggi.

Kabar baiknya, di Indonesia ada banyak universitas yang menyediakan Ilmu Gizi sebagai jurusan. Beberapa di antara mereka bahkan sudah mendapatkan akreditasi A BAN-PT. Untuk pertimbangan, berikut enam universitas dengan jurusan Ilmu Gizi terbaik di Indonesia.

Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor (IPB) adalah satu-satunya perguruan tinggi yang menyediakan Fakultas Ekologi di Indonesia. Fakultas ini pula yang menaungi jurusan Ilmu Gizi di sana.

Bukan cuma itu, universitas jurusan gizi terbaik tersebut sudah mendapatkan sertifikasi dari AUN-QA atau ASEAN University Network-Quality Assurance. Daya tampung Ilmu Gizi di IPB per 2020 adalah 95 orang dan mempunyai peminat yang cukup banyak, baik lewat SNMPTN maupun SBMPTN.


Universitas Indonesia


Selanjutnya, ada Universitas Indonesia yang menyediakan jurusan Ilmu Gizi di bawah naungan Fakultas Kesehatan Masyarakat. Daya tampungnya pun terbatas, yakni 60 orang (SIMAK UI, SNMPTN, dan SBMPTN).

Persentase keketatan yang sangat kecil membuat jurusan Ilmu Gizi di UI menjadi salah satu yang difavoritkan oleh para calon mahasiswa. Jadi, Detikers yang mau masuk ke sini harus belajar sungguh-sungguh supaya diterima.

Universitas Diponegoro

Dibandingkan IPB dan UI, daya tampung yang tersedia di universitas jurusan gizi terbaik ini lebih banyak, yakni sampai 180 orang. Namun, bukan berarti detikers bakal mudah diterima, karena untuk mendapatkan satu kursi, Detikers harus bersaing dengan kurang lebih 20 orang.

Di sisi lain, hal tersebut membuktikan kalau jurusan Ilmu Gizi di Undip populer dan menjadi salah satu pilihan utama calon mahasiswa di Jawa Tengah.

Universitas Airlangga


Beralih ke Jawa Timur, ada Universitas Airlangga yang bisa detikers pilih kalau ingin kuliah Ilmu Gizi di Surabaya. Universitas jurusan gizi terbaik tersebut mempunyai daya tampung 120 orang dan menempati posisi kedua untuk keketatan jalr pada SNMPTN periode 2019/2020.

Kemudian, seperti beberapa kampus negeri lainnya, Ilmu Gizi di Unair sudah memperoleh akreditasi A BAN-PT, jadi Detikers tidak perlu meragukan kualitasnya.


Universitas Gadjah Mada

Di Universitas Gadjah Mada, jurusan Ilmu Gizi berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan. Per 2020, daya tampung yang disediakan UGM untuk Ilmu Gizi adalah 100 orang.

Persaingan untuk masuk jurusan Ilmu Gizi di UGM tentunya ketat mengingat universitas jurusan gizi terbaik ini adalah salah satu yang terbaik di Yogyakarta, bahkan Indonesia. Persiapan pun harus dilakukan sematang mungkin kalau detikers pengin diterima.

Universitas Jenderal Soedirman

Terakhir, ada Universitas Jenderal Soedirman yang menawarkan jurusan Ilmu Gizi dengan fasilitas dan layanan memadai di Indonesia. Unsoed dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia di ranah saintek dengan daya saing paling tinggi, yakni berada di peringkat sembilan.

Oleh karena itu, Ilmu Gizi Unsoed masuk ke dalam daftar ini sebab layak buat Detikers pertimbangkan kalau pengin serius kuliah di jurusan tersebut.

Semoga setelah membaca panduan ini, detikers bakal lebih mudah menentukan universitas jurusan gizi terbaik. Cek juga kelengkapan pendaftaran dan biaya begitu detikers menemukan universitas yang sesuai, ya! (erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia