Ketahui Urutan Kampus Terbaik 2020 di Dunia Versi QS World

Tim detikcom - detikEdu
Selasa, 02 Mar 2021 20:08 WIB
Oxford University sukses dinobatkan sebagai universitas paling top di dunia menurut Times Higher Education (THE).
Oxford University, salah satu universitas yang masuk dalam urutan kampus terbaik 2020 di dunia versi QS World (Foto: Carl Court/Getty Images)
Jakarta - Detikers yang punya rencana melanjutkan pendidikan di kampus luar negeri, tentu harus mengetahui mengenai urutan kampus terbaik dunia. Dikarenakan ini masih awal tahun, detikers bisa mengetahui urutan kampus terbaik di dunia dari tahun lalu atau tahun 2020 lebih dulu. Oleh sebab itu, di pembahasan kali ini akan membahas mengenai urutan kampus terbaik 2020, namun dari versi QS World.

Seperti yang diketahui ada banyak versi mengenai urutan kampus terbaik tersebut, misalnya versi dari Webomatrics. Tapi, untuk memudahkan detikers, mari ketahui dari versi QS World.

Ini dia 7 besar urutan kampus dengan peringkat terbaik di dunia versi QS World University Rankings pada tahun 2020!

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)
MIT atau Massachusetts Institute of Technology merupakan universitas swasta terbaik yang ada di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat.

MIT berhasil menempati peringkat pertama dalam urutan selama delapan tahun berturut-turut sebagai kampus terbaik di dunia versi QS World University.

2. Stanford University
Detikers pasti sudah cukup familiar dengan nama universitas yang satu ini. Universitas ini dapat dikatakan jika kepopulerannya sejajar dengan Harvard University serta University of Oxford.

Stanford University ini berada di California, Amerika Serikat yang mana sudah berdiri sejak 1885. Kampus ini adalah salah satu kampus riset yang terbaik di dunia. Selain itu, kampus ini sudah sejak lama dikenal dengan pencapaian dari akademiknya.

3. Harvard University
Detikers yang mempunyai cita-cita ingin kuliah di luar negeri pasti tidak asing sekali dengan Harvard University. Kampus tertua di Amerika Serikat ini memang menjadi incaran banyak orang untuk berkuliah, maka tidak heran jika sangat populer.

Harvard University karena sejarah reputasi akademik yang sangat baik sehingga membuat kampus ini berpengaruh untuk Amerika Serikat maupun dunia. Harvard University ini berada di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat dan sudah berdiri sejak 1636.

4. University of Oxford
University of Oxford memang bukan nama baru yang masuk ke dalam kampus dengan peringkat terbaik di dunia. Universitas dari Inggris ini pada tahun 2020 berhasil naik satu peringkat ke urutan 4 kampus terbaik di dunia versi QS World.

5. California Institute of Technology (Caltech)
Urutan kampus terbaik 2020 versi QS World yang berada di peringkat 5 adalah California Institute of Technology (Caltech). Peringkat universitas ini pada 2020 memang menurun satu peringkat, namun tentunya tetap masuk jajaran 7 besar kampus terbaik dunia tahun 2020.

Universitas ini terletak di Pasadena, California, Amerika Serikat. Universitas ini mendapatkan nilai yang sempurna pada kategori faculty students dan citation per faculty.

6. ETH Zurich - Swiss Federal Institute of Technology
Sama halnya dengan University of Oxford, kampus yang berada di Swiss ini juga berhasil untuk naik satu peringkat dalam urutan kampus terbaik di dunia pada tahun 2020 dan menempati posisi 6. Kampus ETH Zurich ini mendapatkan nilai yang sempurna pada kategori international faculty.

7. University of Cambridge

Kampus yang berada di Inggris ini, pada tahun 2015 silam sempat menduduki urutan ke-2 kampus terbaik di dunia. Namun, sejak tahun 2016 peringkatnya selalu turun dan pada tahun 2020 menempati peringkat 7. Meski demikian, kampus ini tetap bisa menembus peringkat 10 besar dunia untuk kampus yang terbaik.

Itulah urutan kampus terbaik 2020 versi QS World. Jika detikers ingin masuk ke salah satu kampus di atas tentu harus lebih banyak belajar dan berusaha. (pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia