Urutan 10 PTN Terbaik 2020 versi Webometrics untuk Panduan Ikut SBMPTN 2021

Tim detikcom - detikEdu
Sabtu, 27 Feb 2021 11:05 WIB
ilustrasi kolom tentang perguruan tinggi
Urutan 10 PTN Terbaik 2020 versi Webometrics untuk Panduan Ikut SBMPTN 2021 (Ilustrasi: Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta - Mempelajari urutan PTN terbaik 2020 bakal membantu detikers yang tengah mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN 2021. Mencari daftar PTN juga gampang, karena semuanya bisa detikers akses lewat website atau media sosial.

Namun, kalau detikers masih membutuhkan sumber terpercaya, berikut daftar PTN terbaik di Indonesia versi Webometrics Ranking of World Universities untuk periode 2019/2020 per Juli 2020.

1. Universitas Indonesia

Siapa yang tidak tahu PTN ternama ini? Menduduki peringkat ke-693 dalam Webometrics di tingkat dunia, Universitas Indonesia (UI) masih menjadi PTN terbaik yang diincar mahasiswa tanah air. PTN yang berdiri sejak 1894 ini pun sudah mengantungi akreditasi A dari BAN-PT, Detikers.

2. Institut Teknologi Bandung
Pindah ke Kota Kembang, ada Institut Teknologi Bandung (ITB) yang menempati urutan PTN terbaik 2020. PTN yang menempati peringkat ke-891 pada daftar Webometrics ini mempunyai akreditasi A BAN-PT dan mempunyai sejumlah kampus di Bandung hingga Sumedang.

3. Universitas Brawijaya
Universitas Brawijaya adalah bukti kalau PTN terbaik bukan hanya bertempat di kota-kota besar. Detikers yang tinggal di Malang dan sekitarnya bisa mempertimbangkan PTN yang berada di posisi ke-1.169 versi Webometrics tersebut buat melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi.

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dulunya merupakan yayasan dan resmi jadi PTN pada 1960. Webometrics menempatkannya pada posisi ke-1.210 dalam urutan PTN terbaik 2020 dengan akreditasi A BAN-PT yang pastinya tak akan membuat Detikers ragu lagi.

5. Universitas Gadjah Mada
Webometrics menaruh Universitas Gadjah Mada pada posisi ke-1.484 pada tingkat dunia. Kemudian, bukan hanya dikenal sebagai PTN favorit di Indonesia, UGM juga sudah memegang status sebagai PTN-BH (Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum) seperti halnya UI.

6. Universitas Airlangga
Berdasarkan pemeringkatan Kemenristekdikti pada 2019, Universitas Airlangga (Unair) sempat masuk ke dalam klaster I. Sementara Webometrics menempatkannya di posisi ke-1.540. Unair juga termasuk PTN-BH yang sudah dapat akreditasi A dari BAN-PT.

7. Universitas Sumatra Utara
Pada urutan PTN terbaik 2020 ketujuh, ada Universitas Sumatra Utara (USU) yang menjadi kebanggaan masyarakat provinsi tersebut. Selain masuk kalster I Kemenristekdikti pada 2019, USU juga mengisi peringkat ke-1.564 oleh Webometrics.

8. Universitas Diponegoro
PTN favorit lain yang bisa Detikers pilih saat kuliah di Jawa Tengah adalah Universitas Dipenogoro (Undip). Tak hanya masuk daftar Webometrics pada peringkat 1.738, PTN ini sudah mendapatkan akreditasi A BAN-PT dan termasuk universitas berbadan hukum seperti beberapa PTN sebelumnya.

9. Universitas Sebelas Maret
Detikers yang menetap di Surakarta dan sekitarnya pasti familier dengan Universitas Sebelas Maret. Dalam urutan PTN terbaik 2020, UNS berada di posisi ke-1.897 dari Webometrics dan sudah punya status sebagai PTN-BLU (Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum).

10. Universitas Hasanuddin
Untuk detikers yang berada di kawasan timur Indonesia, ada Universitas Hasanuddin (Unhas) yang menempati peringkat ke-2.528 versi Webometrics. Unhas yang berlokasi di Makassar merupakan salah satu PTN di luar Pulau Jawa yang difavoritkan sejumlah mahasiswa.

Selain memperhatikan peringkat, cek juga fakultas dan jurusan yang mereka sediakan, detikers. Jangan sampai kamu salah memilih PTN hanya karena ingin memenuhi gengsi. Setelah menemukan tempat yang tepat dari urutan PTN terbaik 2020, detikers lanjutkan dengan mempersiapkan diri buat ikut SBMPTN 2021. Selamat belajar! (erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia