Bila Sekolah di DKI Langgar Protokol COVID-19, Murid-Guru Kena Sanksi

Arief Ikhsanudin - detikEdu
Jumat, 21 Agu 2020 09:51 WIB
Seorang guru memberikan arahan kepada murid baru dalam ruangan kelas dengan pembatasan jaga jarak saat simulasi penerapan protokol kesehatan di SMA-1 Banda Aceh, Aceh, Sabtu (11/7/2020). Sebagian SMA/SMK di daerah itu menyatakan siap memulai Proses Belajar Mengajar (PBM) tahun ajaran baru 2020/2021 yang dijadwalkan pada, Senin (13/7/2020), baik secara tatap muka maupun daring dengan penerapan prorokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19, namun hingga saat ini pihak sekolah masih menunggu keputusan dari pemerintah. ANTARA FOTO/Ampelsa/hp.
Gambar ilustrasi kegiatan sekolah di luar Jakarta selama masa pandemi. (ANTARA FOTO/AMPELSA)

Sanksi bagi sekolah dan institusi pendidikan yang tak patuh diatur pada Pasal 9 ayat (1) huruf h, Pasal 9 ayat (3), dan Pasal 9 ayat (4). Berikut adalah bunyi pasalnya.

Pasal 9 ayat (1) huruf h:
Memberikan sanksi kepada peserta didik dan tenaga kependidikan yang tidak melaksanakan protokol pencegahan Covid-19

Pasal 9 ayat (3):
Pengelola, penyelenggara, atau penanggung jawab sekolah dan institusi pendidikan lainnya yang tidak melaksanakan kewajiban perlindungan kesehatan masyarakat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dikenakan sanksi administratif berupa teguran tertulis.

Pasal 9 ayat (4):
Pengenaan sanksi administratif berupa teguran tertulis sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan dapat didampingi oleh Perangkat Daerah terkait.


(dnu/jbr)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia