Spektakuler! Bentuk-bentuk Nebula di Alam Semesta

Foto detikEdu

Spektakuler! Bentuk-bentuk Nebula di Alam Semesta

Pool: NASA - detikEdu
Minggu, 06 Nov 2022 20:00 WIB

Jakarta - Nebula adalah awan antarbintang yang terdiri dari debu, gas, dan plasma. Bentuknya beraneka macam. Spektakuler di alam semesta!

Horsehead Nebula

Horsehead Nebula

Dinamakan Horsehead Nebula, ia berada di Nebula Orion (M42) yang luas dan kompleks. Gambar detail yang sangat indah diambil dalam cahaya inframerah oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble yang mengorbit. Nebula ini jaraknya kira-kira 1.500 tahun cahaya jauhnya dari Bumi.

Nebula yang mirip bentuk kepala kuda ini perlahan-lahan akan mengubah bentuknya selama beberapa juta tahun ke depan dan pada akhirnya akan dihancurkan oleh cahaya bintang berenergi tinggi. (Foto: NASA, ESA, Hubble/Processing: Alexandra Nachman)

Eagle Nebula

Eagle Nebula

Eagle Nebula ini tingginya sepuluh tahun cahaya dan memuntahkan radiasi jauh lebih panas daripada api biasa. Eagle Nebula yang lebih besar, M16, sebenarnya adalah cangkang gas dan debu raksasa yang menguap, di dalamnya terdapat rongga tumbuh yang diisi dengan pembibitan bintang spektakuler yang saat ini membentuk gugusan bintang terbuka.

Pilar besar ini berjarak sekitar 7.000 tahun cahaya dari Bumi, kemungkinan akan menguap dalam waktu sekitar 100.000 tahun. Gambar mirip bentuk burung elang ini ditampilkan dalam warna yang ditetapkan ulang secara ilmiah dan diambil oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble yang mengorbit Bumi. (Foto: NASA, ESA, The Hubble Heritage Team (STScI/AURA))

Lobster Nebula

Lobster Nebula

Dikatalogkan sebagai NGC 6357, Lobster Nebula menampung gugus bintang terbuka Pismis 24 di dekat pusatnya, rumah bagi bintang-bintang yang sangat terang dan masif.

Gambar diambil dengan Dark Energy Camera DOE pada Teleskop Blanco 4 meter di Observatorium Inter-Amerika Cerro Tololo di Chili. NGC 6357 membentang sekitar 400 tahun cahaya dan terletak sekitar 8.000 tahun cahaya jauhnya menuju konstelasi Scorpion. (Foto: CTIO/NOIRLab/DOE/NSF/AURA; Processing: TA Rector (U Alaska Anchorage/NSF’s NOIRLab), J Miller (Gemini Obs/NSF’s NOIRLab), M. Zamani & D. de Martin (NSF’s NOIRLab))

Cosmic Bat Nebula

Cosmic Bat Nebula

LDN 43 alias Cosmic Bat Nebula, memiliki kemiripan yang menakjubkan dengan kelelawar kosmik besar yang terbang di antara bintang-bintang pada malam Halloween yang gelap. Terletak sekitar 1400 tahun cahaya di konstelasi Ophiuchus, awan molekuler ini cukup padat untuk menghalangi cahaya tidak hanya dari bintang latar belakang, tetapi juga dari gumpalan gas yang diterangi oleh refleksi nebula terdekat LBN 7.

Filamen gas dan debu sepanjang 12 tahun cahaya ini sebenarnya adalah pembibitan bintang. Bersinar dengan cahaya yang menakutkan, 'kelelawar' diterangi dari dalam oleh simpul gas padat yang baru saja membentuk bintang muda. (Foto: Mark Hanson and Mike Selby; Text: Michelle Thaller (NASA's GSFC))

Cocoon Nebula Wide Field

Cocoon Nebula

Dikatalogkan sebagai IC 5146, kepala terang pusat nebula ini membentang sekitar 10 tahun cahaya, sedangkan ekor gelap berdebu membentang hampir 100 tahun cahaya. Keduanya terletak sekitar 2.500 tahun cahaya jauhnya dari Bumi.

Bintang terang di dekat pusat nebula terang mirip kepompong ini, kemungkinan hanya berumur beberapa ratus ribu tahun, memasok daya ke cahaya nebula karena membantu membersihkan rongga di bintang awan molekuler yang membentuk debu dan gas. Filamen panjang berdebu dari ekor, meskipun gelap dalam gambar cahaya tampak ini, dengan sendirinya menyembunyikan bintang dalam proses pembentukan, bintang yang hanya dapat dilihat pada panjang gelombang inframerah. (Foto: Andy Ermolli (apod.nasa.gov))

California Nebula

California Nebula

Melayang melalui lengan Orion dari Galaksi Bima Sakti yang spiral, awan kosmik ini secara kebetulan mirip peta California di pantai barat Amerika Serikat.

Matahari kita sendiri juga terletak di dalam lengan Orion Bima Sakti, hanya sekitar 1.500 tahun cahaya dari Nebula California. Juga dikenal sebagai NGC 1499, nebula emisi klasik ini memiliki panjang sekitar 100 tahun cahaya.

California Nebula bersinar dengan ciri khas cahaya kemerahan dari atom hidrogen yang bergabung kembali dengan elektron yang telah lama hilang. Nebula California terletak menuju konstelasi Perseus, tidak jauh dari Pleiades.(Foto: Stephen Kennedy (via apod.nasa.gov))

Spektakuler! Bentuk-bentuk Nebula di Alam Semesta
Spektakuler! Bentuk-bentuk Nebula di Alam Semesta
Spektakuler! Bentuk-bentuk Nebula di Alam Semesta
Spektakuler! Bentuk-bentuk Nebula di Alam Semesta
Spektakuler! Bentuk-bentuk Nebula di Alam Semesta
Spektakuler! Bentuk-bentuk Nebula di Alam Semesta

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT