5 Kosan Paling Unik di Dunia, Ada yang Terapung di Laut!

Nikita Rosa Damayanti - detikEdu
Senin, 18 Jul 2022 17:00 WIB

Jakarta - Bosan dengan kosan yang biasa-biasa saja? Di beberapa negara ada kos-kosan yang bangunannya terbilang unik. Yuk kita intip seberapa unik sih bentuk kosannya?

Urban Rigger di Denmark
Kosan unik pertama adalah Urban Rigger di Denmark. Kosan ini tidak menapak di daratan. Kebalikannya, ia mengapung di sisi pelabuhan Kopenghagen. Kosan seluas 23m2 – 30m2 menampung total sekitar 100 siswa dengan fasilitas yang lengkap. Setiap kosan atau rigger memiliki i halaman hijau untuk sepeda, perahu kayak, dan BBQ, ruang berkumpul di bawah permukaan laut, serta teras di atap dengan pemandangan indah.

Material yang digunakan dalam kosan ini dipilih secara cermat untuk memanfaatkan sumber daya alam sekitar. Dilansir dari situs resmi Urban Rigger, air laut di sekitarnya berfungsi sebagai sumber panas alami dengan bantuan pompa energi rendah, panel surya bekerja sebagai sumber bahan bakar bersih untuk menjalankan listrik, dan beton kedap air tidak merusak keanekaragaman hayati di laut. Foto: Urbanrigger
Tengbom Unit, kosan dengan bangunan unik di Swedia
Kosan super mini ini hanya berukuran 10 m2 di Kota Smaland, Swedia. Meski kecil, kosan ini memiliki fasilitas yang lengkap, dari dapur, kamar mandi, hingga taman kecil dengan teras. Melalui tata letak yang efisien dan penggunaan kayu laminasi silang sebagai bahan konstruksi, harga sewa bisa berkurang sampai 50 persen. Jejak karbon dari kosan ini juga berkurang secara signifikan.

Kosan ini menggunakan prinsip efisiensi energi. Menurut situs Archdailt, arsitek Tengbom Unit memilih bahan dan metode manufaktur yang tepat untuk meminimalkan emisi karbon. Oleh karena itu, kayu dipilih karena kualitas positif karbonnya dan sebagai sumber daya terbarukan. Foto: Photographer:Bertil Hertzberg Pl/ Archdaily
kosan unik di Amerika
Dikenal sebagai negara pelajar, Denmark memiliki satu lagi kosan terunik di dunia. Kosan Tietgenkollegiet adalah kosan berbentuk silinder melingkar di 7 lantai. Kosan ini disusun untuk mengelilingi satu halaman besar di tengah-tengah.

Bentuk utama silinder dilintasi oleh 5 garis vertikal yang secara visual dan fungsi membagi bangunan menjadi beberapa bagian. Lorong didesain terbuka untuk menyediakan akses dari luar ke halaman tengah. Kosan ini cocok untuk kamu si extrovert yang senang bersosialisasi. Foto: (tietgenkollegiet)
kosan dengan bangunan unik
Simmons Hall adalah kosan yang berada di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Kosan ini memang dirancang dengan mengadaptasi spons yang ada di lautan.

Dirancang oleh Steven Hollin, Simmons Hall awalnya dirancang dengan struktur berpori yang akan menyerap cahaya melalui serangkaian ‘spons’ besar yang akan memotong ke dalam bangunan. Sayangnya, desain ini tidak dapat diterapkan secara menyeluruh karena regulasi kebakaran.

Meski demikian, konsep utama tetap dijalankan dengan ‘spons’ yang lebih kecil. Setiap kamar hunian memiliki sembilan jendela untuk memudahkan sirkulasi. Kosan ini bisa menampung hingga 350 mahasiswa dengan fasilitas yang lengkap dari arena bermain, beanbags, hingga laboratorium. Foto: Kojo Acquah/simmonshallMITedu
Kosan Unik di Belanda
Ingin tinggal di kosan yang berwarna dan mungil? Space Box bisa jadi pilihan. Berapa di Belanda, Kosan Space Box memiliki eksterior yang tampak seperti di film-film science fiction. Setiap unit memiliki warna yang berbeda dan berbentuk kotak atau box.

Setiap unit bisa menampung antara tiga sampai enam siswa. Tidak perlu repot ke luar, karena setiap univ juga dilengkapi dengan kamar mandi dan dapur bersama. (Foto: Independent)
5 Kosan Paling Unik di Dunia, Ada yang Terapung di Laut!
5 Kosan Paling Unik di Dunia, Ada yang Terapung di Laut!
5 Kosan Paling Unik di Dunia, Ada yang Terapung di Laut!
5 Kosan Paling Unik di Dunia, Ada yang Terapung di Laut!
5 Kosan Paling Unik di Dunia, Ada yang Terapung di Laut!

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT