200 Mahasiswa di 6 Kampus RI Dilatih Tingkatkan Literasi Digital USAID-Meta

200 Mahasiswa di 6 Kampus RI Dilatih Tingkatkan Literasi Digital USAID-Meta

Nograhany Widhi Koesmawardhani - detikEdu
Rabu, 25 Jan 2023 20:00 WIB
Saring Daring
Foto: (Kedubes AS)
Jakarta -

200 Mahasiswa dari 6 kampus di Indonesia akan dilatih untuk meningkatkan literasi digital. Mereka akan dilatih soal literasi digital hingga menjadi konten kreator yang videonya akan dilombakan pada September 2023.

Pelatihan ini digelar United States Agency for International Development (USAID) dan Meta, induk perusahaan Facebook-Instagram-WhatsApp yang meluncurkan Saring Daring University Challenge, demikian keterangan yang diterima dari Kedubes AS, Rabu (25/1/2023).

Mahasiswa akan dilatih untuk membudayakan literasi digital, pemikiran kritis, dan komunikasi daring. Mahasiswa akan membuat video untuk sosial media dengan bantuan Love Frankie, organisasi perubahan sosial yang merancang dan melaksanakan inisiatif komunikasi untuk merespons berbagai permasalahan sosial utama.

Asal 200 mahasiswa terpilih dari 6 kampus itu meliputi Universitas Airlangga di Jawa Timur, Universitas Mulawarman di Kalimantan Timur, Universitas Multimedia Nusantara di Banten, Universitas Nusa Cendana di Nusa Tenggara Timur, Universitas Tanjungpura di Kalimantan Barat, dan Universitas Sriwijaya di Sumatera Selatan.

Berdasarkan program Meta yang bertajuk "We Think Digital" yang sukses di seluruh Asia, Saring Daring University Challenge mengundang mahasiswa dan mahasiswi untuk bergabung dalam serangkaian pelatihan hibrida yang dipimpin oleh pakar industri tentang pembuatan video kreatif bagi publik yang mengulas perilaku di dunia maya yang positif, literasi digital, dan pemikiran kritis.

Mahasiswa dan mahasiswi yang berpartisipasi dalam pelatihan nanti akan bekerja dengan para mentor kreatif dan pakar literasi digital saat menawarkan ide kepada panel juri. Para juri akan memilih tim terbaik dari masing-masing universitas berdasarkan kreativitas dan efektivitas dalam meningkatkan literasi digital masyarakat Indonesia.

Keenam tim terpilih, masing-masing satu dari setiap universitas mitra, akan menunjukkan video karyanya di puncak perayaan acara tingkat nasional pada September 2023, di mana tim pemenang juga akan diumumkan.

Pakar Demokrasi dan Tata Kelola Pemerintahan USAID Indonesia Yahya Luping mengatakan, AS berkomitmen untuk mempromosikan inklusi, kebebasan, dan keterbukaan di seluruh daerah - termasuk dalam ekosistem digital.

"Kami senang bisa mendukung upaya untuk mempertemukan anak-anak muda, pemimpin dalam ekosistem digital seperti Meta, influencer kreatif, dan pemerintah untuk bersama-sama membangun visi bersama ini di Indonesia," tutur Yahya.

Ditambahkan Policy Program Manager Meta Indonesia Dessy Septiane Sukendar, ia berharap Saring Daring University Challenge akan membantu anak-anak muda mewujudkan kreativitas mereka dalam mengedukasi masyarakat dan terus menjadi duta literasi digital di jejaring mereka.



Simak Video "Motif Pembunuhan Mahasiswa Unpad: Sakit Hati Foto Aib Akan Disebar"
[Gambas:Video 20detik]
(nwk/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia