3 Mahasiswa ITS Magang di Jaguar Land Rover- Mercedes Benz Inggris, Mantap!

3 Mahasiswa ITS Magang di Jaguar Land Rover- Mercedes Benz Inggris, Mantap!

Novia Aisyah - detikEdu
Rabu, 25 Jan 2023 12:00 WIB
3 Mahasiswa Inggris magang di Inggris
Foto: ITS/Alodia, mahasiswa ITS magang di Malone Grup Inggris
Jakarta -

Tiga mahasiswa Departemen Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berkesempatan mengikuti magang di tiga perusahaan ternama di Inggris. Ketiganya adalah Alodia Shakira Putri yang magang di Malone Grup, Mohammad Rosyidan Narendra di Mercedez-Benz Parts Logistics, dan Usama Azmil Fathany di Unipart-Jaguar Land Rover.

Alodia dan kawan-kawan mendapatkan kesempatan ini melalui program Internship+, kerja sama ITS dan Coventry University.

Pengalaman Magang di Inggris

Pada kegiatan magang ini Alodia terlibat dalam tim yang bertanggung jawab atas perumusan strategi pemasaran Malone Grup. Dia dan tim menganalisis perkembangan model harga untuk aplikasi monitoring perusahaan itu.

"Kami menganalisa proyek tersebut dari sisi energi, kesehatan konsumer, komersial, dan farmasi untuk menemukan poin-poin apa saja yang bisa ditingkatkan," ujar Alodia, dilihat oleh detikEdu melalui akun media sosial resmi ITS.

Berbeda dengan Alodia, Mohammad Rosyidan Narendra atau Nendra, mengerjakan sejumlah proyek terkait proses analisis dan visualisasi data di gudang Mercedes-Benz. Beberapa data yang dia kerjakan adalah turnover rate, inbound, stock, VOR/EME, total outbond, outbond, delivery, dan cross docking.

Data-data itu kemudian dikumpulkan dan divisualisasikan dengan baik supaya manajemen Mercedes-Benz mendapat key performance indicators (KPI) gudangnya dalam mengambil keputusan strategis.

Nendra, Mahasiswa ITS Magang di Mercedes-Benz InggrisNendra, Mahasiswa ITS Magang di Mercedes-Benz Inggris Foto: ITS

"Saya mencoba menemukan inovasi guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pengumpulan data," ungkapnya dalam rilis laman resmi ITS.

Dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengumpulan data ini, Nendra menggunakan perangkat lunak Power Business Intelligence (Power BI). Perangkat lunak tersebut menurutnya bisa menghemat waktu untuk menganalisis data gudang yang volumenya besar. Tak hanya itu, Nendra juga berperan dalam menentukan bentuk analisis dan visualisasi data paling tepat untuk setiap divisi Mercedes-Benz.

Selanjutnya, ada Usama Azmil Fathany atau Fathan yang menggeluti hal yang berbeda dengan kedua rekannya. Dia tergabung dalam sustainability team di Unipart-Jaguar Land Rover.

"Di sana, tim saya berperan untuk mengembangkan sistem pengemasan yang berkelanjutan," ujarnya.

Baginya mengembangkan sistem pengemasan yang berkelanjutan di perusahaan ini bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, pengemasan berkelanjutan di sana sudah menginjak 97 persen. "Saya dan tim memulai dengan mengidentifikasi masalah dan merumuskan solusi dalam operasi bisnis yang tengah berjalan di Unipart," jelasnya.

Fathan, mahasiswa ITS magang di Unipart-Jaguar Land Rover InggrisFathan, mahasiswa ITS magang di Unipart-Jaguar Land Rover Inggris Foto: ITS

Fathan dan tim juga melakukan kunjungan ke salah satu gudang Unipart. Mereka meneliti operasi bisnis yang tengah berjalan dan menentukan variabel apa yang dapat dikembangkan.

"Setelah penelitian, akhirnya kami menyarankan Unipart untuk menggunakan paper tape alih-alih plastic tape dalam proses bisnis mereka. Kami juga menganjurkan strategi bisnis dalam operasi mereka," ujarnya.

Ketiga mahasiswa ini menghabiskan waktu magang di Inggris kurang lebih selama satu semester. Mereka juga dibimbing oleh Prof Benny Tjahjono dari Coventry University.



Simak Video "Ombudsman Terima Laporan Kasus Kecelakaan Hasya, Ini Proses Selanjutnya"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia