Ditemukan! Bangunan Pemakaman Besar Era Romawi-Yunani Kuno di Mesir

Ditemukan! Bangunan Pemakaman Besar Era Romawi-Yunani Kuno di Mesir

Nograhany Widhi Koesmawardhani - detikEdu
Selasa, 06 Des 2022 11:00 WIB
Ditemukan bangunan pemakaman dan lukisan mimu berusia 2.300 tahun di Mesir
Foto: (dok Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir)
Jakarta -

Sekelompok arkeolog Mesir menemukan bangunan pemakaman besar yang diduga kuat dibangun di Mesir saat era Romawi-Yunani kuno. Bangunan pemakaman itu ditemukan di situs arkeologi Garza, Kota Fayoum, Mesir.

Penemuan ini diumumkan di media sosial resmi Kementerian Pariwisata dan Benda Kepurbakalaan Mesir, pada Jumat (2/12/2022) lalu. Sedangkan dilansir Ahram Online, penemuan ini adalah ekskavasi kesepuluh yang dimulai sejak 2016.

Desa Garza, yang sebelumnya diketahui sebagai Desa Philadelphia, didirikan pada abad ketiga Sebelum Masehi sebagai desa pusat proyek reklamasi pertanian yang dilakukan Raja Ptolemy II, raja era Yunani kuno, di wilayah Fayoum. Tujuannya saat itu untuk mengamankan sumber daya pangan di kerajaan Mesir, yang dihuni orang-orang Yunani dan Mesir kuno.

Lantai bangunan pemakaman itu terdiri dari semen kapur berwarna dan dihiasi dengan ubin bermacam warna.

"Beberapa peti Mesir kuno dan Yunani kuno juga ditemukan. Karakteristik situs ini dan beberapa penemuan sebelumnya menunjukkan kombinasi arsitektur dari dua peradaban," tutur Supervisor dan Kepala Misi Arkeolog ini, Basem Jihad.

Lebih jauh lagi, penemuan baru ini menunjukkan bervariasinya kualitas pembalseman saat dinasti Ptolemy (Yunani kuno) dan Romawi kuno.

"Variasi ini, mulai dari pembalseman berkualitas tinggi hingga penguburan sederhana, menunjukkan standar hidup orang yang mati," kata Sekretaris Jenderal Dewan Tertinggi Kepurbakalaan Mesir Moustafa Waziri.

Selain itu, sejumlah potret yang dikenal sebagai potret orang Fayoum juga ditemukan. Dikatakan arkeolog yang juga pejabat di Kementerian Benda Kepurbakalaan Mesir, Adel Okasha, potret-potret ini adalah yang pertama ditemukan sejak arkeolog Inggris Flinders Petrie menggali potret serupa pada tahun 1907 lalu. Oleh karena itu, potret yang baru ditemukan ini, imbuh Okasha, adalah salah satu temuan arkeologi paling berharga musim ini.

Ditemukan bangunan pemakaman dan lukisan mimu berusia 2.300 tahun di MesirDitemukan bangunan pemakaman dan lukisan mimu berusia 2.300 tahun di Mesir Foto: (dok Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir)

Ditemukan pula patung terakota langka Dewi Isis Aphrodite di salah satu peti mati kayu, serta dokumen papirus.

Dokumen-dokumen papirus ditulis dalam aksara Demotik dan Yunani--keduanya menunjukkan bahasa Mesir kuno-- dan mencerminkan kondisi sosial dan keagamaan penduduknya.



Simak Video "Tim Arkeolog Temukan Mumi Berusia 4300 Tahun di Mesir"
[Gambas:Video 20detik]
(nwk/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia