Aksi PPI Dunia Turunkan Angka Stunting

Aksi PPI Dunia Turunkan Angka Stunting

Nograhany Widhi Koesmawardhani - detikEdu
Rabu, 30 Nov 2022 13:11 WIB
PPI Dunia bertemu Menkes Budi G Sadikin
Foto: (Dokumentasi PPI Dunia)
Jakarta -

Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPID) melakukan aksi untuk memberantas stunting di Indonesia. Aksi dimulai dengan bertemu Menkes Budi Gunadi Sadikin di rumah dinas Menkes di Jakarta Selatan, pada Selasa (29/11/2022). Dalam pertemuan itu, Menkes Budi memaparkan angka stunting di Indonesia tahun 2022 yakni 24 persen.

"Presiden Jokowi menargetkan di tahun 2024 angka stunting menurun menjadi 14 persen," papar Menkes Budi, dalam rilis yang diterima detikEdu

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Komisi Kesehatan PPID, Abrory Agus Cahya Pramana, menjelaskan bahwa stunting tidak hanya terkait dengan satu isu saja, tetapi banyak isu lainnya.

"Termasuk pendidikan, ekonomi, dan nutrisi," ujarnya.

Selain itu Miftakhul Jannatin selaku Direktur Pergerakan dan Pengabdian Masyarakat (PPM) PPID menerangkan "PPID tidak melulu berbicara tentang akademik saja namun juga terlibat aktif dalam pengabdian masyarakat termasuk dalam bidang kesehatan"

Karena itu, Direktorat PPM PPID dalam penurunan angka stunting akan menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis dan pembagian susu ibu hamil di tiga tempat yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah dan Nusa Tenggara Barat.

Sementara Koordinator PPI Dunia, Achyar Al Rasyid yang baru dilantik menambahkan, aksi nyata ini karena pelajar Indonesia bukan hanya bergelut dengan buku.

"Kita bukan hanya pelajar yang bergelut dengan buku. Tetapi juga memiliki tugas pengabdian masyarakat," jelasnya.

Lebih jauh, pertemuan yang berlangsung selama 45 menit ini juga mengenalkan struktur kepengurusan PPI Dunia masa bakti 2022-2023 yang baru saja dilantik Sabtu (26/11) lalu.. Termasuk program dan langkah strategis yang akan ditempuh. PPI Dunia mengharapkan kerja sama strategis dengan Kemenkes RI agar terwujud sinergitas antara PPID dengan program pemerintah, khususnya di sektor kesehatan.



Simak Video "AS Berencana Cabut Status Darurat Covid-19, Indonesia Kapan?"
[Gambas:Video 20detik]
(nwk/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia