Kisah Ella, Mahasiswi yang Tinggalkan Kuliah Demi Jadi Polwan

Kisah Ella, Mahasiswi yang Tinggalkan Kuliah Demi Jadi Polwan

Nikita Rosa - detikEdu
Rabu, 30 Nov 2022 10:40 WIB
Siswa Sepolwan Angkatan 52 asal Kalimantan Tengah (Kalteng), Ella Kania Wahyu W.
Foto: dok. 20detik
Jakarta -

Ella Kania Wahyu memimpikan Sekolah Polisi Wanita (Sepolwan) sejak di bangku sekolah. Tak semulus perkiraan, ia sampai lima kali gagal dalam mengejar mimpinya itu.

Ia gagal di seleksi Sepolwan selama lima tahun berturut-turut. Akhirnya siswa asal Kalimantan Tengah itu memutuskan untuk kuliah.

"Awalnya saya daftar itu 2017, itu lulus SMA. Tidak jadi. 2018 daftar lagi, gagal lagi. 2019, 2020, 2021. Akhirnya memutuskan untuk kuliah," kata Ella dalam detikNews dikutip, Selasa (29/11/2022).

Ella menempuh perkuliahan hingga semester dua. Setelah mendapat kabar pendaftaran Sepolwan dibuka lagi, ia langsung mengejar kesempatan itu.

"Habis itu, kuliah, sudah dapat semester dua, ada pendaftaran dikabarin sama Om yang di Jawa. Ya sudahlah, kenapa tidak, gitu. Cobalah, sekali lagi," jelas Ella.

Rupanya kali keenam adalah angka keberuntungan Ella. Ia pun lulus di Sepolwan. Langkahnya menjadi polwan semakin dekat.

Tangis Tak Terbendung di Hari Pengumuman

Dia menuturkan rasa haru dan bahagia menyelimutinya saat mengetahui perjuangannya selama lima tahun berbuah hasil.

"Waktu pertama kali diumumkan kalau saya masuk itu, nangis. Nangis. Nangis bahagia. Nangis terharu. Ya ampun, lima tahun saya, saya akhirnya masuk," tutur Ella.

Ella mengaku tak masalah menghabiskan masa muda untuk berjuang masuk Sepolwan. Ella menyebutkan kepuasan hatinya adalah bila dapat melayani masyarakat.

"Nggak bisa untuk saya kayak (menghabiskan masa muda untuk senang-senang) gitu juga. Jadi fokus sama tujuan saya mau jadi Polwan. Itu nanti akan tergantikan ketika saya sudah dilantik menjadi Bripda (brigadir dua). Saya bisa bertemu dengan masyarakat, itu mungkin suatu kepuasan buat saya ya, bisa melayani masyarakat," ungkap Ella.

Dulu Lihat di Tiktok, Sekarang Alami Langsung

Sebelum diterima di Sepolwan, Ella senang menonton video tentang pendidikan di Sepolwan di media sosialnya. Menurut Ella, suasana pendidikan di Sepolwan sesuai dengan ekspektasinya.

"Kan sebelum pendidikan, sering lihat tuh di TikTok ya. Scroll-scroll di Instagram-lah, gimana sih pendidikan itu? Kurang lebih sama, tapi saya menjalaninya di sini senang, ikhlas. Malah suka. Karena saya emang ingin ke sini," ucap Ella.

Merasa Hidup Lebih Tertata di Sepolwan

Ella juga merasa hidupnya kini lebih tertata rapi. Lewat rutinitas di Sepolwan, Ella dapat mengasah sikap mawas diri setelah menjalani rutinitas dengan baik.

"Lebih rapi, tata kramanya yang diperlukan dalam bersikap, berbicara, berjalan, cara duduk, segala macam kan diatur. Saya itu setelah dididik dan tahu cara bersikap, cara beretika itu lebih mawas diri, 'Oh berarti selama ini saya yang dulu-dulu itu salah', gitu. (Dulu cara bersikap) kurang eloklah dipandangnya, gitu," pungkas Ella.

Menurutnya, Sepolwan juga mengubah sikap dan mengajarkan banyak hal pada dirinya, dari cara bertindak, mengatur waktu dan diri sendiri, hingga mengatur emosi.

"Lebih disiplin sayanya," imbuh Ella.

Lebih Menghargai Seragam

Ella mengungkapkan melihat perjuangannya 5 tahun masuk Sepolwan, ia berharap akan bisa lebih menghargai profesi yang dicita-citakannya.

"Lima tahun saya menunggu. Ibarat, ya lima tahun itu mungkin saya nanti lebih menghargai baju seragam sayalah," pungkasnya.



Simak Video "Sekolah Polisi Wanita, Semua Berasal dari Sini"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/nwk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia