Kisah Inspiratif Jordy, Ingin Beli Perahu agar Anak Papua Bisa Sekolah

Kisah Inspiratif Jordy, Ingin Beli Perahu agar Anak Papua Bisa Sekolah

Sukma Nur - detikEdu
Jumat, 28 Okt 2022 20:56 WIB
Astra
Foto: Sukma Nur/detikcom
Jakarta -

Salah satu penerima SATU Indonesia Awards Ke-13 Bhrisco Jordy Dudi Padatu membagikan sedikit ceritanya dalam memberikan pendampingan pendidikan untuk anak-anak di Pulau Mansinam, Papua Barat. Bersama dengan program Papua Future Project, sejak tahun 2020 ia konsisten memberikan pendidikan untuk anak-anak dengan mengajari membaca, menulis, berhitung, mengenali teknologi digital, sampai mengenali perubahan iklim yang terjadi.

"Papua Future Project adalah sebuah komunitas pemuda yang berbasis project, yang mengangkat isu literasi masyarakat adat di wilayah administratif Papua Barat," ujar Jordy dalam video kisah di SATU Indonesia Awards Ke-13 yang digelar di Menara Astra Jakarta, Jumat (28/10/2022).

Di pulau yang jauh dan terpencil, Jordy bersama teman-teman relawannya mengajar secara sukarela tanpa bayaran apapun. Menurut Jordy anak-anak di Pulau Mansinam memiliki kesempatan yang sama dalam mengakses pendidikan dan teknologi. Sebab hal itu bisa memajukan peradaban di Tanah Papua di masa yang akan datang.

"Pendidikan merupakan suatu hal fundamental, yaitu kesenjangan signifikan pada mereka yang tinggal di kota dan seperti mereka masyarakat adat kita yang ada di Pulau Mansinam," katanya.

Jordy bahkan ingin membelikan sebuah perahu agar anak-anak bisa menyebrang pulau dan belajar di sekolah.

"Saya ingin membuktikan bahwa meskipun hidup di perbatasan, jangan pernah putus asa bermimpi. Dan jalan menuju masa depan yang lebih baik ada di pendidikan. Oleh karena itu, ayo anak muda bersama-sama wujudkan pendidikan Indonesia yang lebih inklusif," pungkas Jordy.


Selain memberikan pendidikan, Jordy bersama teman-temannya juga mengadakan trauma center untuk mendampingi kebutuhan psikologis anak-anak. Untuk memajukan pendidikan di Indonesia, ia berharap anak muda turut bergerak mewujudkan hal itu.

Sebagai informasi, sampai saat ini Jordy bersama teman-temannya telah mengajar lebih dari 500 anak-anak di enam pulau lainnya. Ke depannya, ia ingin membuka semakin banyak tempat bimbingan belajar dan pojok membaca bukan hanya di Pulau Mansinam, tetapi di seluruh wilayah Papua Barat.



Simak Video "Astra Hadirkan Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia