Mahasiswa Mau Punya Bisnis? Ini 4 Tipsnya dari Dosen Tamu FIB Unair

Mahasiswa Mau Punya Bisnis? Ini 4 Tipsnya dari Dosen Tamu FIB Unair

Devi Setya - detikEdu
Senin, 24 Okt 2022 14:00 WIB
Ilustrasi membangun bisnis.
Ilustrasi membangun bisnis Foto: Shutterstock
Jakarta -

Mahasiswa yang memiliki jiwa entrepreneur pasti punya mimpi memiliki bisnis sendiri. Agar bisnis terbangun dengan kokoh, ada beberapa tips yang diberikan oleh dosen tamu di Unair di bawah ini.

Seperti yang diketahui, Universitas Airlangga (Unair) menjadi salah satu perguruan tinggi yang terus mendukung mahasiswa untuk membangun bisnis. Sebagai bagian dari upayanya adalah dengan menghadirkan berbagai kegiatan bertajuk wirausaha.

Melalui laman resminya, yang dikutip Selasa (24/10/2022), salah satu kegiatan yang ditujukan bagi mahasiswa yang ingin berbisnis ini digelar oleh Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya (FIB).

FIB Unair menggelar kuliah dengan dosen tamu yang bertajuk "How to Start Your Own Business". Dalam kegiatan ini turut dihadirkan sosok pendiri Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) sebagai narasumber yang memberikan tips dan trik sukses membangun bisnis.

Kuliah tamu ini sengaja digelar dan diperuntukkan bagi civitas akademika Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris Unair.

Dalam kegiatan yang digelar secara daring ini juga menghadirkan Pendiri dan CEO LBB Edu, Dika Prestiawan. Dika mengungkapkan, dirinya bisa membangun lembaga ini hanya dalam dua tahun.

Tips Membangun Bisnis Bagi Mahasiswa

1. Konsisten

Dika mengatakan, hal utama yang perlu menjadi modal saat menjalankan bisnis adalah konsisten. Dengan konsisten, bisnis secara perlahan akan terus menanjak.

"Memang gak gampang untuk menjadi konsistensi. Tapi tanpa konsistensi tidak ada namanya kesuksesan. Jadi ketika sudah memulai lakukan itu tanpa terkecuali," ungkapnya.

Saat ini LBB Edu merupakan lembaga bimbingan khusus Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris (TBI) pertama dan terbesar. Dika juga mengungkapkan, kini bisnisnya ini menjadi lembaga yang mengakomodasi kebutuhan belajar TPA dan TBI bagi mahasiswa S2 dan spesialis.

2. Bangun Networking

Networking atau memiliki jaringan dengan berbagai kalangan juga bisa menjadi modal utama untuk membangun bisnis. Dika yang juga merupakan alumni Bahasa dan Sastra Inggris 2012, menyampaikan pentingnya networking dalam bisnis.

Dengan kekuatan networking, sebuah bisnis yang dirintis akan semakin berkembang dari waktu ke waktu. Sehingga pangsa pasar menjadi lebih luas dengan potensi berbagai informasi dari jejaring yang sudah terbentuk.

"Semakin luas jaringan yang kamu punya. semakin banyak kesempatan yang kamu dapatkan. Manfaat yang kalian dapatkan bisa bekerja sama dengan beberapa orang," lanjut Dika.

Seiring dengan pentingnya networking, pebisnis juga harus paham pentingnya public speaking. Ini menjadi dasar dalam berkomunikasi dengan teman, klien bahkan investor dalam bisnis.

3. Berpikir Analitis

Ketika seorang mahasiswa memiliki tekad untuk membangun bisnis, maka diperlukan kemampuan untuk berpikir analitis. Dengan demikian, kita dapat memanfaatkan setiap potensi yang belum dimaksimalkan oleh orang lain.

"Mahasiswa harus punya analytical thinking. Caranya didapatkan dari mengikuti berbagai event yang diselenggarakan kampus. Jangan lupa sering bertanya saat kuliah, karena bakal banyak ilmu yang dapat kita ambil," tuturnya.

Hasil analisis ini bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis sehingga bisa berjalan dalam jangka panjang. Membangun bisnis cenderung mudah namun tantangannya adalah membuat bisnis ini tetap eksis dan semakin berkembang.

4. Percaya Diri

Sebagai pemilik bisnis, sudah seharusnya memiliki percaya diri yang tinggi. Kepercayaan diri sendiri akan menciptakan rasa keinginan yang besar untuk menjalankan usaha dengan sebaik-baiknya.

"Dalam memulai bisnis kita harus percaya diri. Usaha yang dikerjakan oleh orang lain boleh banyak saat ini, namun dengan kepercayaan diri maka kita mampu menciptakan ide bisnis yang lebih kreatif dan inovatif. Jangan takut mencoba hal baru," jelas Dika.

Dengan sikap percaya diri, seseorang juga akan lebih mampu melewati setiap tantangan yang datang. Berbagai inovasi pun bisa lahir dari orang yang memiliki rasa percaya diri tinggi.



Simak Video "Ombudsman Terima Laporan Kasus Kecelakaan Hasya, Ini Proses Selanjutnya"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia