Topik Skripsi soal Laut Bikin Anak Unpad Ini Dapat Penghargaan di Taiwan

Topik Skripsi soal Laut Bikin Anak Unpad Ini Dapat Penghargaan di Taiwan

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 07 Okt 2022 18:00 WIB
Fauzan, mahasiswa Unpad ayang dapat penghargaan di Taiwan gara-gara topik skripsi.
Foto: Universitas Padjadjaran/Fauzan, mahasiswa Unpad ayang dapat penghargaan di Taiwan gara-gara topik skripsi.
Jakarta -

Muhammad Fauzan Fithraturrahman, mahasiswa prodi Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran (Unpad), mendapatkan penghargaan bergengsi berkat topik dalam skripsinya. Dia meraih prestasi Best Poster International kategori Environmental and Natural Science dalam ajang International Conference on Sciences, Engineering, and Education (ICon-SEE) 2022.

Kompetisi tersebut diselenggarakan di National Sun Yat-sen University, Taiwan pada bulan September lalu. Dijelaskan dalam laman resmi program, kompetisi ini adalah terobosan ilmiah pertama yang diadakan Himpunan Mahasiswa Indonesia di Kaohsiung.

Program ICon-SEE 2022 dirancang sebagai platform para akademisi, peneliti, juga mahasiswa secara global untuk berbagi dan mendiskusikan temuan ilmiah mereka saat ini. Para peserta awalnya diminta mengirimkan abstrak untuk mengikuti lomba poster tersebut. Selain itu, mereka juga diwajibkan memberikan presentasi selama 3 menit.

Berawal dari Topik Skripsi

Poster yang membawa kemenangan bagi Fauzan itu berangkat dari karya ilmiah yang diajukannya. Karya ilmiah tersebut bertajuk Characteristics of Water Mass and Water Column Stability on the West Coast of Sumatra in 2009-2019.

Karya ilmiah ini sendiri merupakan penelitian dalam skripsi Fauzan, yang menjelaskan tentang karakteristik pantai barat Sumatra periode 2009-2019. Riset mahasiswa Unpad itu menggambarkan bagaimana karakteristik perairan dan interaksi laut-atmosfer mempengaruhi perairan di sana.

Dikutip dari laman kampus, Fauzan menyajikan pembahasan soal karakteristik dan stabilitas kolom air di pantai barat Sumatra dalam poster yang dibuatnya dalam kompetisi.

Menurut dosen Ilmu Kelautan Unpad yang juga pembimbing utama Fauzan, Noir Primadona Purba, M.Si., perairan barat Sumatra adalah perairan yang amat penting dari segi oseanografi, berbagai kejadian menunjukkan bahwa wilayah ini terhubung dengan perairan lainnya.

Selain Noir, dalam skripsinya itu Fauzan turut didampingi oleh Prof. Dr.Ing. Widodo S. Pranowo dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Bagaimana detikers, tertarik menorehkan prestasi serupa?



Simak Video "Fakta-Fakta Ngeri Mahasiswa Unpad Tewas di Tangan Teman Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia