Lepas UI, Sheila Nasution Mantap Pilih Akmil Bareng Sang Abang

Fahri Zulfikar - detikEdu
Sabtu, 24 Sep 2022 20:00 WIB
Sheila Nasution yang Sempat Lepas UI Demi Akmil
Foto: Screenshot YouTube TNI AD/Sheila Nasution
Jakarta -

Masuk Universitas Indonesia (UI) tentu menjadi impian banyak calon mahasiswa di Indonesia. Namun, lolos UI sekaligus lolos Akademi Militer (Akmil) tentu menjadi pencapaian tersendiri.

Seperti yang dialami oleh Sheila Nasution yang lolos UI dan Akmil pada tahun 2017. Saat itu, ia memilih Akmil ketimbang UI untuk studi lanjutnya.

Kelulusannya di Akmil juga dibarengi dengan sang kakak, M Indra Nasution yang juga ternyata diterima menjadi taruna.

Meski sang kakak adalah lulusan SMA pada 2013 lalu dan Sheila lulusan SMA pada 2017, namun keduanya lolos menjadi taruna Akmil pada waktu yang sama.


Berawal dari Mengantarkan Teman

Sama seperti lulusan SMA pada umumnya, saat itu Sheila juga hanya berpikir untuk melanjutkan studi di universitas dan tidak ada niat untuk masuk ke Akmil.

"Pemikiran saya tuh, universitas-universitas. Dan kebetulan juga saya dari kelas 2 SMA sudah mengikuti tes beasiswa," ceritanya melalui channel YouTube TNI AD, dilihat Sabtu (24/9/2022).

Awal dirinya mendaftar dimulai saat temannya ingin ke ruangan Bimbingan Konseling (BK) untuk mengambil sebuah blangko pendaftaran.

Usai temannya mengambil satu, tersisa satu blangko lagi yang bertuliskan, 'Penerimaan Tes Catar Akmil.'

"Awalnya saya nganter teman saya, mau daftar. Oke saya anter. Kemudian pas dia udah ngambil blangko, terus saya lihat di meja blangko tinggal satu lembar," ucapnya.

"Saya masih belum ngerti itu untuk apa-apa, hanya tulisannya 'Penerimaan Tes Catar Akmil," imbuh Sheila.

Kemudian setelahnya, Sheila mengirimkan foto blangko tersebut kepada sang ibu melalui WhatsApp.

Ia meminta persetujuan dari ibunya untuk mengisi blangko sebagai cadangan bila dirinya gagal masuk perguruan tinggi.

Sempat Mengira Gagal hingga Kabar Lolos UI

Setelah tiga minggu tidak ada kabar pengumuman, Sheila mengira dirinya gagal karena tidak mendengar kabar kelanjutan dari penerimaan Akmil tersebut.

Sheila berpikir blangko pendaftarannya terselip. Namun, tak lama setelah itu ada panggilan audio visual untuk menjalani karantina di Rindam Jaya.

Tak lama saat Sheila tengah menjalani karantina di Rindam Jaya, sang ibu M. H. Nasution, menerima kabar dari sekolahnya bahwa Sheila dinyatakan lolos di UI.

"Malam, saya ditelpon Bu Gurunya (Sheila) bahwa Sheila tuh diterima di UI. Kalau saya pengennya (Sheila ambil) UI karena (jaraknya) dekat dengan rumah," ungkap M. H. Nasution.

Mantap Pilih Pendidikan Akmil

Pada saat itu, Ibu Sheila menjelaskan bahwa belum ada kepastian penerimaan dari karantina Akmil yang dijalani oleh Sheila. Sebab, masih ada sejumlah tahapan yang harus dilalui oleh Sheila.

Namun, ia bercerita bahwa Sheila terlihat teguh pada pendiriannya. Putrinya telah menentukan pilihan untuk melanjutkan karantina di Akmil dan rangkaian seleksinya.

"'Mah, ini kan perempuan langka masuk Akmil. Jadi saya mau ini.'" kata sang ibu ketika menirukan gaya bicaranya Sheila.

Kini, Sheila Nasution telah menjadi seorang perwira remaja Akademi Militer dengan pangkat Letda Chb (K).



Simak Video "Kisah Para Petani China Lulusan Perguruan Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia