Profil Dr. Inggriani Liem, Perempuan di Balik Kemajuan Informatika di Indonesia

Novia Aisyah - detikEdu
Rabu, 10 Agu 2022 20:15 WIB
Dr. Inggriani Liem
Dr. Inggriani Liem. Foto: Kemendikbud RI
Jakarta -

Siapa sangka, dalam dunia Ilmu Informatika yang kerap disebut penuh dengan laki-laki, ada sosok perempuan yang berjasa dan mengabdikan dirinya seumur hidup dalam bidang tersebut. Dialah Dr. Inggriani Liem.

Atas dedikasinya yang sepanjang hayat ini, Mendikbudristek Nadiem Makarim menganugerahkan Lifetime Achievement Award untuknya pada Pembukaan International Olympiad in Informatic (IOI) 2022, Selasa (9/8/2022).

"Selamat kepada Dr. Inggriani Liem atas penghargaan Lifetime Achievement Award dan terima kasih untuk dedikasinya pada dunia informatika di Indonesia," tulis Nadiem dalam snap Instagram pribadinya (9/8/2022).

Profil Dr. Inggriani Liem

Dr. Inggriani Liem adalah dosen purnabakti di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB. Sebagaimana dikatakan dalam laman Quora miliknya, dia menjadi pengajar di sana sejak 1979 sampai 2018 lalu.

Inggriani juga merupakan lulusan ITB tahun 1977 tamatan jurusan Fisika Teknik. Kemudian, pada 1982-1983 dia lulus dari DESS Informatique Double Competence, Universite Grenoble dan DEA Institut National Polytechnique de Grenoble yang ada di Prancis. Enam tahun kemudian, Inggriani kembali memperoleh ijazah yang lebih tinggi untuk jenjang doktoral di Universite Joseph Fourier Grenoble, Prancis.

Kini, perempuan yang mahir teknologi tersebut tengah menjabat sebagai Ketua Bebras Indonesia NBO dan Pembina Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI). Bebras adalah sebuah gerakan gagasan internasional yang mengampanyekan computational thinking dan pembelajaran Informatika sejak SD.

Untuk mengenal lebih dalam sosok Dr. Inggriani Liem, seperti inilah sepak terjangnya dalam bidang Informatika di Indonesia:

  • Pengajar Teknik Informatika ITB: 1978-2018
  • Staf ahli Warek Bidang Akademik ITB: 2002-2005
  • Senior Analis Data Governance & IT Systems Development PT LAPI Divusi: 2004-sekarang
  • Dosen tamu & anggota senat Institut Teknologi Del: 2015-sekarang
  • Direktur Politeknik Informatika Del, Sitoluama, Laguboti: 2007-2011
  • Pengembang Kompetensi Dasar/Inti dan Panduan Implementasi Kurikulum Informatika: 2013
  • Pengembang hasil pembelajaran Kurikulum Informatika Mandiri

Bagaimana detikers, tertarik menggeluti Informatika dan mengikuti jejak Dr. Inggriani Liem?



Simak Video "Canggih! Perusahaan Ini Bikin Jetsuit Seperti Iron Man "
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia