#77PortraitAnakBangsa

Ini Dia Sederet Prestasi Iman Usman, Co-Founder Ruangguru

Hanifa Widyas - detikEdu
Rabu, 10 Agu 2022 09:42 WIB
Shot on OPPO Reno8 Pro 5G
Shot on OPPO Reno8 Pro 5G/Foto: Dok. OPPO
Jakarta - Berprestasi dan cerdas, mungkin kedua hal inilah yang terpikir saat mendengar nama Iman Usman. Pria yang memiliki nama lengkap Muhammad Iman Usman lahir pada 21 Desember 1991 di Padang, Sumatra Barat.

Iman merupakan putra dari pasangan Muhammad Hayan dan Yanzimar. Lalu, apa hal luar biasa dari pria ini? Iman Usman juga dikenal sebagai salah satu pendiri startup berbasis pendidikan, Ruangguru. Adapun posisinya di perusahaan tersebut adalah Co-Founder dan Chief of Product & Partnership.

Sebelum mendirikan Ruangguru, Iman dikenal dengan segudang prestasi. Ia pernah menjadi siswa peraih nilai Ujian Nasional (UN) tertinggi di Kota Padang, untuk jurusan IPS saat mengenyam pendidikan di SMA Negeri 1 Padang.

Selain itu, Iman juga dianugerahi penghargaan Siswa Berprestasi Utama Provinsi Sumatera Barat di tahun 2008. Ia pernah menempuh pendidikan di Universitas Indonesia mengambil program studi S1 Hubungan Internasional dan berhasil lulus dengan predikat cumlaude. Ia melanjutkan pendidikan S2 sebanyak dua kali.

Pertama, Iman melanjutkan studi di Columbia University (2013-2014), New York, Amerika Serikat, jurusan International Education Development dengan beasiswa Riady Scholar. Iman hanya perlu waktu satu tahun untuk lulus dan meraih predikat summa cumlaude dengan IPK akhir 3,9. Kedua, Iman melanjutkan studi S2-nya di Harvard University dan menyabet gelar Master of Arts dari Teacher College of Columbia University.

Tidak hanya itu, Iman diketahui pernah mendirikan beberapa gerakan pemuda di Indonesia, seperti Indonesian Future Leader dan Parlemen Muda Indonesia. Ia juga merupakan pengurus termuda Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Foundation sebagai perwakilan dari Amerika Serikat.

Berikut sederet penghargaan yang pernah diraih Iman:

  • Penghargaan Pemuda ASEAN 2011
  • Penghargaan Majelis Pemuda PBB 2011 tentang Pembangunan Kemanusiaan
  • Penghargaan Pemimpin Remaja Global 2011
  • Penghargaan Pembuat Perubahan Global British Council 2010
  • Penghargaan Pembuat Perubahan Muda Ashoka 2008
  • Penghargaan Pemimpin Muda Indonesia 2008 oleh Presiden Republik Indonesia
  • Diundang UNICEF dan Universitas Tsinghua memberikan kuliah di Beijing pada 2015
  • Masuk dalam daftar 5 inovator muda UNICEF Young Innovator to Watch

Sementara itu, sejauh ini karya tulis Iman telah ditampilkan oleh CNN, BBC, Euro News, Forbes, dan Bloomberg Businessweek. (akn/ega)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia