6 Artis dengan Jurusan Kuliah Anti Mainstream, Isyana hingga Maudy Ayunda

Nikita Rosa - detikEdu
Selasa, 02 Agu 2022 09:00 WIB
Maudy Ayunda
Foto: Instagram @maudyayunda/6 Artis dengan Jurusan Kuliah Anti Mainstream, Isyana hingga Maudy Ayunda
Jakarta -

Bagi sederet publik figur atau artis, menempuh pendidikan tinggi bukan hal yang mudah. Selain pemahaman yang tinggi, jadwal perkuliahan yang padat sering kali membuat artis memilih untuk menunda kuliahnya.

Tapi jangan salah, sederet artis berikut ini adalah pengecualian. Karena mereka tetap melanjutkan perkuliahannya hingga selesai. Bahkan, ada artis yang mengambil prodi unik atau anti-mainstrem. Siapa saja?

Artis dengan Jurusan Kuliah yang Anti-Mainstream

1. Sherina Munaf

Senang nonton Petualangan Sherina? bintang utama film tersebut, Sherina Munaf, ternyata mengambil jurusan yang unik saat kuliah. Apa jurusan yang ia ambil?

Sherina mengambil jurusan Neuroscience di University of Sydney Australia tahun 2014 silam. Jurusan ini adalah salah satu jurusan unik sekaligus tersulit yang mempelajari cara kerja otak manusia.

2. Isyana Sarasvati

Penyanyi kondang asal Indonesia ini mengambil jurusan unik yang tidak ada di Indonesia. Dilansir dari detikHot, Isyana memilih jurusan Pertunjukan Musik di Nanyang Academy of Fine Arts (NAFA) dengan beasiswa dari Pemerintah Singapura.

Tak sampai di situ, Isyana kembali melesat jauh untuk melanjutkan pendidikanya di The Royal College Music London (RCM). Lulus dengan gelar Bachelor of Music, ia juga menerima beasiswa RCM Excellence Award.

3. Maudy Ayunda

Baru-baru ini, namanya naik daun selepas melanggengkan pernikahan dengan Jesse Choi. Namun sebelum itu, perempuan kelahiran 1994 ini juga terkenal karena pendidikannya.

Maudy Ayunda menyelesaikan jenjang sarjana di jurusan Philosophy, Politics, dan Economics di Universitas Oxford. Jurusan ini unik karena menggabungkan tiga bidang keilmuan yakni filsafat, politik, dan ilmu ekonomi. Tempat Maudy belajar, Universitas Oxford, juga merupakan salah satu universitas top dunia. Inilah yang membuat aktris Perahu Kertas itu dikenal akan pendidikannya.

4. Cinta Laura

Cinta melanjutkan studinya di jurusan yang anti-mainstream. Ia menempuh perkuliahan di University of Columbia, New York dengan jurusan Sastra Jerman.

Meski terbilang sulit, Cinta berhasil lulus hanya dalam waktu 3 tahun perkuliahan. Ia mengantongi gelar Psikologi dan Sastra Jerman dengan predikat cumlaude! Sebagai tambahan, University of Columbia pada tahun tersebut hanya memberikan predikat cumlaude kepada 20 persen dari total 1.000 mahasiswa.

5. Dian Sastrowardoyo

Sudah bukan rahasia lagi, aktris Dian Sastrowardoyo dikenal mengambil jurusan unik yang memiliki tingkat kesulitan tinggi. Dian diketahui mengambil jurusan Filsafat di Universitas Indonesia.

Sembari sibuk rekaman, Dian tetap menyelesaikan perkuliahannya pada tahun 2007 meski lebih lama dibandingkan dengan teman seangkatannya. Ia menggunakan empat teori dalam skripsinya dan berhasil mendapat nilai A. Bahkan skripsinya sampai akan dibukukan, lho!

6. Rara Sekar

Vokalis Banda Neira sekaligus kakak dari Isyana ini mengambil jurusan yang kurang populer namun cukup sulit di perkuliahan, yaitu Antropologi. Rara bahkan menempuh perkuliahannya hingga jenjang S2 di Victoria University, Selandia Baru.

Berasal dari kata antrophos yang berarti manusia, antropologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan manusia dengan manusia lainnya, termasuk budaya dan adat istiadat. Dengan ilmu yang didapat, Rara juga aktif bekerja di organisasi nirlaba dan peneliti.

Itulah enam artis yang mengambil jurusan anti-mainstream saat berkuliah. Ada yang sama dengan jurusanmu, detikers?



Simak Video "Kisah Para Petani China Lulusan Perguruan Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia