Masya Allah! Hafiz Asal Mesir Ini Khatamkan Al-Qur'an dalam 7 Jam

Rahma Harbani - detikEdu
Jumat, 22 Jul 2022 17:45 WIB
al Quran on a recal in a mosque
Ilustrasi. Seorang hafiz quran dari Mesir tercatat mengkhatamkan Al-Qur'an dalam waktu 7 jam. (Getty Images/iStockphoto/Muhammad Fadli)
Jakarta -

Seorang penghafal Al-Qur'an atau hafiz quran dari Mesir tercatat berhasil mengkhatamkan kitab suci yang terdiri dari 30 juz, 114 surah, hingga 6.236 ayat tersebut dalam waktu kurang dari sehari. Hal ini diklaim menjadi rekor terbaru di dunia menurut media lokal Akhbar El Youm.

Mohammad Abdul Rahman, begitu nama lengkapnya, menyelesaikan rekor tersebut pada Rabu (20/7/2022) kemarin. Dilaporkan Kantor Berita Al-Qur'an Internasional (IQNA), Mohammad sukses khatam Al-Qur'an dalam waktu 7 jam tanpa ada kesalahan.

"Mohammad mengkhatamkan seluruh isi Al-Qur'an tanpa melakukan kesalahan sedikit pun," tulis IQNA, dikutip Jumat (22/7/2022).

Diketahui, Mohammad mengkhatamkan Al-Qur'an dalam waktu singkat tersebut dilakukan dengan menghafal sebagai qari. Dengan kata lain, ia bukan sekadar membaca Al-Qur'an biasa.

Di samping itu, pemuda lulusan Farmasi ini juga mengatakan, mengulangi bacaan menjadi salah satu kunci agar terhindar dari kesalahan dalam mengkhatamkan Al-Qur'an.

"Untuk menghafal Al-Quran, kunci utamanya adalah pengulangan agar tidak mudah lupa dengan bacaan ayatnya," terang Mohammad kepada IQNA.

Mohammad juga membeberkan gaya membaca Al-Qur'an yang digunakannya dalam waktu singkat tersebut. Ia mengaku, kerap memakai gaya membaca yang terinspirasi dari salah seorang qari asal Mesir yaitu mendiang Syekh Abolainain Shoaisha.

Tidak mengherankan bila prestasi ini diraih oleh Mohammad. Pasalnya, dalam sejumlah wawancara, Mohammad mengaku terlahir dari lingkungan keluarga dengan kebiasaan menghafal Al-Qur'an.

Bahkan, sejak Mohammad menginjak usia 9 tahun, orang tuanya sudah mengenalkan Mohammad dengan Al-Quran. "Dia (Mohammad) sudah mempelajari Al-Qur'an sejak usia 9 tahun saat ia masih duduk di bangku kelas 4 Sekolah Dasar (SD)," demikian laporan IQNA.

Tidak hanya itu, lelaki ini juga kerap mempelajari ilmu tajwid hingga tartil lewat berguru dengan para ahli di sekitar rumahnya, Kota Kafr El Sheikh, Mesir.

Mesir sendiri adalah salah satu negara di Afrika Utara yang dihuni oleh mayoritas muslim. Kegiatan membaca dan menghafal Al-Qur'an sudah menjadi hal lumrah bagi penduduk Mesir hingga melahirkan banyak qari fenomenal, seperti Abdul Basit 'Abd us-Samad.

Sebagai informasi, Mohammad bukan orang pertama yang berhasil mengkhatamkan Al-Quran dalam waktu singkat. Pada 2015 lalu, Mohammad Shahzad Pervez, seorang qari dari India, tercatat menyelesaikan hafalan seluruh isi kitab suci Al-Qur'an dalam waktu 115 jam.



Simak Video "Penyebab Kebakaran di Gereja Mesir yang Tewaskan 40 Orang Masih Diselidiki"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia