Kemendikbud Buka 3 Kelas Belajar di Festival Generasi Pancasila, Ini Tujuannya

Nada Zeitalini - detikEdu
Selasa, 05 Jul 2022 18:00 WIB
Festival Generasi Pancasila
Foto: Nada Zeitalini/detikedu (Festival Generasi Pancasila yang digelar melalui zoom)
Jakarta -

Pusat Penguatan Karakter Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Puspeka Kemendikbud) mengadakan Festival Generasi Pancasila pada Selasa, 5 Juli 2022. Ini merupakan rangkaian upaya memperkuat pelajar pancasila yang cerdas berkarakter.

Festival Generasi Pancasila dibuka secara umum untuk pelajar dari semua jenjang mulai dari
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Akhir dan Kejuruan (SMA dan SMK), serta keluarga. Acara ini sekaligus memperingati Hari Lahir Pancasila, Hari Keluarga Nasional, dan Hari Anak Nasional.

Dalam kesempatan ini, Puspeka Kemendikbud menggelar 3 kelas yang ditujukan untuk setiap jenjang usia. Pertama yaitu kelas generasi dongeng, kemudian kelas generasi kreatif, dan kelas generasi mandiri. Masing-masing kelas bisa diikuti melalui link zoom meeting yang berbeda, pada hari ini, dengan sebelumnya mendaftar terlebih dulu.

Festival Generasi Pancasila akan dibagi menjadi 3 kelas. Kelas yang pertama yaitu kelas generasi dongeng dengan peserta usia 2 sampai dengan 8 tahun. Kemudian kelas generasi kreatif dengan peserta usia 9 sampai dengan 13 tahun.

"Kelas ketiga generasi mandiri dengan peserta usia 14 sampai 18 tahun," tutur Plt Kepala Pusat Penguatan Karakter Hendraman dalam acara Festival Generasi Pancasila, melalui zoom, Selasa (5/7/2022).

Acara ini bertujuan memperkuat karakter pelajar Pancasila sehingga mampu mengantarkannya kepada setiap mimpi dan cita-cita. Turut hadir Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Makarim. Nadiem menyampaikan pentingnya memiliki dan menerapkan 6 profil pelajar Pancasila dalam kehidupan.

"Keenam profil pelajar Pancasila adalah bekal untuk menggapai cita-cita di masa depan sesuai dengan minat dan potensi adik-adik," ujar Nadiem.

Untuk lebih menambah semangat dan menumbuhkan karakter pelajar pancasila, Kemendikbud juga menggelar talkshow di akhir acara yang diisi oleh Penasihat Dharma Wanita Kemendikbudristek Franka Makarim dan Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti.



Simak Video "Respons Masyarakat Tentang Kebijakan Kemendikbudristek"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia