ADVERTISEMENT

Tips Jadi Lulusan Terbaik ala Rayhan, Mahasiswa Tunanetra dengan IPK 3,94

Nikita Rosa Damayanti Waluyo - detikEdu
Minggu, 26 Jun 2022 13:00 WIB
Rayhan, mahasiswa tunanetra peraih cumlaude di UIN Jakarta
Rayhan, mahasiswa tunanetra UIN Jakarta yang meraih gelar lulusan terbaik. (Dok. UIN Jakarta)
Jakarta -

Menjadi lulusan terbaik bukanlah perkara yang mudah. Namun, Rayhan Naufalaldi Hidayat berhasil membuktikannya. Meski memiliki keterbatasan penglihatan, tidak menyurutkan semangat mahasiswa Hukum satu ini.

Rayhan, begitu ia disapa, adalah mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta yang lulus dengan predikat cumlaude. Rayhan berhasil meraih IPK 3,94 sekaligus merupakan IPK tertinggi di antara teman-teman satu jurusannya. Berikut adalah tips menjadi lulusan terbaik ala Rayhan.

3 Tips Menjadi Lulusan Terbaik

1. Cetak Prestasi Akademik

Selain rajin belajar di kelas, Rayhan juga mencetak berbagai prestasi akademik berupa jurnal ilmiah. Ia memiliki banyak pengalaman menulis di jurnal-jurnal ilmiah ilmu hukum terakreditasi.

Di antaranya adalah di Jurnal 'Adalah (Jurnal Hukum dan Keadilan) terbitan Pusat Studi Konstitusi dan Legislasi Nasional (Posko Legnas) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta (2020), Jurnal Al-Adl (Jurnal Hukum) terbitan Fakultas Hukum Universitas Kalimantan, dan Jurnal Legal Brief terbitan Ihsa Institute (Institut Hukum Sumberdaya Alam) Sumatera Utara (2022).

"Ya alhamdulillah, saya memang suka dengan ilmu hukum. Untuk menulisnya kadang saya minta bantuan teman," ucap pria asal Surabaya itu dikutip dari laman UIN Jakarta, Sabtu (26/6/2022).

2. Aktif Organisasi

Akademik memang jadi prioritas, tapi kamu juga perlu membentuk soft skill melalui organisasi. Rayhan mengikuti organisasi kemahasiswaan, baik intra kampus maupun ekstra kampus.

Menurut Rayhan, organisasi telah banyak membentuk karakternya sehingga menjadi pribadi yang aktif.

3. Kelilingi Diri dengan Lingkungan yang Positif

Lalu ketiga adalah berada di lingkungan yang positif. Pimpinan fakultas, dosen, maupun teman-teman Rayhan di UIN Jakarta selalu mendorong untuk berprestasi di tengah keterbatasannya.

"Saya bersyukur berada di lingkungan kampus yang baik. Terima kasih kepada semuanya," tutur Rayhan.

Itulah tiga tips menjadi lulusan terbaik ala Rayhan. Mana yang sudah kamu coba, detikers?



Simak Video "Aliansi Mahasiswa Demo Protes RKUHP Tiba di DPR, Lalin Tersendat"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/rah)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia